Pemantauan dari Posyandu Terus Dilakukan di Masa Pandemi

  Selasa, 30 Juni 2020   Vedyana Ardyansah
[Sebagai Ilustrasi] Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula menginisiasi gerakan peningkatan kesadaran masyarakat demi meningkatkan angka kesehatan anak dan balita melalui Program Revitalisasi Posyandu yang dilaksanakan di desa Karang Roto (18/7/2019).

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM – Penerapan sejumlah protokol kesehatan menjadi hal wajib dalam kegiatan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk menyambut kenormalan baru. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi mengatakan, jika sejumlah kegiatan di Posyandu memang masih ditunda. Meski demikian kegiatan pemantauan terus dilakukan Posyandu secara daring.

AYO BACA : BMKG Jateng Prediksi Puncak Musim Kemarau Bulan Agustus 2020

“Saat ini memang Posyandu mendukung kegiatan stay at home dan kegiatan di Posyandu ditunda dulu. Tapi untuk pemantauan terus dilakukan dengan cara membuat grup media sosial berupa WhatsApp,” ujarnya saat instagram live bersama, Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Selasa (30/6/2020).

Selain meggunakan media social dalam pemantauan, tambah Krisseptiana, ada pula sejulamlah inovasi yang dilakukan akder PPK, seperti melakukan kegiatan jemput  bola dengan mengunjungi satu per satu balita di wilayah Posyandu.

AYO BACA : Ganjar Laporkan Progres Covid-19 di Jateng ke Presiden

“Itu dilakukan untuk mencegah kerumunan. Tentu petugas atau Kader PKK terus melakukan koordinasi dengan Puskemas terdekat untuk pemantauan,” imbuhnya.

Terkait dengan kegiatan imunisasi, dilakukan di Puskesmas. Sehingga bagi orang tua yang ingin mengimuniasasi anaknya bisa dating ke Puskemas terdekat.

“Tentunya di Puskesmas tetap dilakukan standar protokol kesehatan.  Alhamdulillah meski pandemic ini cakupan untuk imuniasi balita di Kota Semarng sudah tercapai. Jadi para orangtua ada tekad meski kondisikayak gini tetap penting yang namanya imunisasi,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, masyarakat yang ingin mendapat informasi terkait edukasi dan informasi lainnya dari Posyandu setempat bisa bergabung dengan grup WhatsApp Posyandu tersebut.

AYO BACA : Ditreskrimum Polda Jateng Ungkap 35 Kasus Perjudian dalam Seminggu


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar