Jokowi Sebut Isolasi Desa Lebih daripada Karatina Kota

  Selasa, 30 Juni 2020   Adi Ginanjar Maulana
Presiden Joko Widodo (Setneg)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Presiden Joko Widodo menyebut strategi intervensi yang paling efektif untuk menangani Covid-19, yakni intervensi berbasis lokal.

Menurutnya, strategi intervensi yang berbasis lokal, yakni melakukan karantina di tingkat RT, RW, dan desa.

AYO BACA : Jokowi Larang Warga Jemput Paksa Pasien Covid-19

"Strategi intervensi berbasis lokal. Jadi mengarantina, mengisolasi RT, mengisolasi RW, kampung atau desa, lebih efektif daripada kita karantina kota atau kabupaten," ujar Jokowi saat memberikan arahan untuk penanganan Covid-19 terintegrasi di Provinsi Jawa Tengah secara virtual, Selasa (30/6/2020).
 
Dia menilai intervensi berbasis lokal lebih efektif dibanding mengarantina atau mengisolasi kota atau kabupaten. Karenanya jika strategi tersebut bisa digunakan, dia berharap terjadi penurunan angka reproduksi awal (R0) dan angka reproduksi pada waktu (RT).

"Jadi strategi ini agar kita pakai bersama-sama sehingga kita harap terjadi penurunan di RT (Effective Reproduction Number) atau R0 (Basis Reproduction Number)," ucap dia.

AYO BACA : Tulis Pesan Misterius, Pembakar Mobil Via Vallen Serahkan Diri ke Polisi

Dia juga mengapresiasi atas kerja sama yang keras di semua jajaran terkait. Dia berharap bulan Juli kasus Covid-19 di Jawa Tengah bisa turun.
 
"Saya akan melihat, kita harapkan dalam bulan depan, Juli, betul-betul kita semuanya bekerja keras sehingga Jawa Tengah turun," kata Jokowi.

Jokowi menginginkan tidak ada kasus Covid-19 di Indonesia. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Indonesia kembali normal.

"Yang namanya Covid-19 betul bisa hilang dan insya Allah ekonomi kita bisa merangkak kepada sebuah pertumbuhan yang normal kembali," kata dia.

AYO BACA : Realisasi Penyerapan APBN jadi Perhatian Presiden


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar