Penyelenggara Pilkada Dituntut Netral dan Jaga Kamtibmas

  Jumat, 10 Juli 2020   Edi Prayitno
Forum Grup Disscusion (FGD) sinergitas Polri, KPU dan Bawaslu Kendal untuk wujudkan pelaksanaan Pilkada 2020 yang aman dan menjaga netralitas penyelenggara Pilkada Jumat (10/07/2020) di Aula KPU Kendal. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan Desember 2020 berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Masa pandemi covid-19 membuat sejumlah kegiatan yang bersifat pengumpulan masa dikurangi.

Tidak hanya kegiatan sosialisasi yang dikurangi, pada hari pencoblosan juga menuntut jumlah petugas keamanan yang lebih banyak karena Temat Pemungutan Suara (TPS) bertambah menjadi 2.242 TPS.

AYO BACA : Senggolan saat Menyalip, Pengendara Motor Tewas Terlindas Trailer

Yang terpenting dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang, adalah netralitas dan profesionalisme penyelenggara Pilkada. Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, sebagai penyelenggara pihaknya akan terus mengkaji permasalahan yang ada dan tentunya dengan pengawasan dari Bawaslu Kendal.

“Yang jelas KPU Kendal siap melaksanakan Pilkada Kendal 2020 sesuai dengan aturan yang ada dengan menjunjung tinggi independensi dan menjaga netralitas,” jelasnya dalam Forum Grup Disscuision (FGD) Jumat (10/07/2020) di Aula KPU Kendal.

AYO BACA : Jogo Tonggo, Warga Swadaya Bedah Rumah Nenek Ginah

Dijelaskan Hevy, Pilkada yang dilaksanakan di masa pandemi tentunya menuntut banyak perubahan yang harus dilakukan. Sosialisasi dengan mengumpulkan masa banyak tidak lagi dilakukan, namun tetap memberikan rasa aman dalam tahapan Pilkada.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani akan terus melakukan pengawasan disetiap tahapan yang dilaksanakan. Namun untuk pengawasan di media sosial,pihaknya akan bekerjasama dengan komisi penyiaran untuk bersama-sama mengawasi media sosial.

“Terkait pengawasan yang ada di media sosial kita merujuk komisi penyiaran daerah karena ada batasan-batasan Bawaslu dalam melakukan pengawasan ini. Terutama saat menindaklanjuti adanya pelanggaran karena menjadi ranah Gakumdu,” katanya.

Kasat Intelkam Polres Kendal AKP Rohmadi Hartono mengatakan, Polri siap mengamankan semua tahapan Pilkada.  

“Polri bekerjasama dengan instansi terkait seperti TNI dan Linmas untuk menjaga keamanan selama tahapan dan saat pencoblosan. Polri juga akan menjaga netralitas dan profesionalitas selama Pilkada untuk menciptakan suasana Kendal yang aman dan kondusif,” jelasnya.

AYO BACA : Pupuk Bersubsidi Langka, Petani Kendal Terancam Gagal Panen


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar