Peduli Anak Penderita Kanker Mata, Bakul Mobil Bekas Ini Beri Santunan

  Minggu, 12 Juli 2020   Edi Prayitno
Paguyuban Bakul dan Broker Relasi Mobil Indonesia memberikan bantuan kepada keluarga Nova Tri Handayani yang menderita kanker mata.(Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG -- Bentuk kepedulian untuk membantu pengobatan Nova Tri Handayani balita dua tahun yang menderita kanker mata, Paguyuban Bakul dan Broker Mobil Bekas Indonesia memberikan santunan.

Kondisi Nova saat ini tengah menjalani opname di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal. Rencananya jika kondisi stamina bocah warga Desa Kebongembong, Kecamatan Pageruyung ini Selasa (14/07/2020) akan dilakukan operasi.

Santunan diberikan lantaran keluarga Nova berlatar kurang mampu. Casmari ayah Nova bekerja sebagai buruh serabutan. Sedangkan Rohmi, ibunya bekerja mengurus rumah tangga dan ketiga anaknya. Mereka adalah salah satu keluarga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Penghasilan boleh bisa dibilang pas-pasan, bahkan malah kadang kurang. Karena sejak pandemi Covid-19 ini Casmari sudah tidak bekerja. Makanya untuk biaya periksa ke RS saja tidak ada, lebih-lebih untuk biaya operasi,” kata Jumiatun, kakak dari Casmari.

AYO BACA : Naik Trail, Kapolres Kendal Bagikan Sembako di Desa Terpencil

Nova diketahui mulai terlihat menampakkan gejala penyakit kanker tersebut sejak Awal Mei lalu. Saat itu Nova mengeluhkan mata sebelah kiri sakit dan nampak memerah.

“Awalanya dikira iritasi mata biasa. Oleh orang tuanya sudah diberikan obat mata, tapi tidak sembuh.  Akhirnya dibawa ke RSUD dr Soewondo Kendal. Dari pihak RS menyarankan agar Nova segera dilakukan pemeriksaan scan agar bisa diketahui penyakitnya,” tuturnya.

Namun lantaran tidak memiliki biaya, akhirnya Casmari dan Rohmi memutuskan menunda sampai memiliki biaya. “Tapi lama-kelamaan sakit yang diderita Nova bertambah parah. Mata yang awalnya memerah menjadi bengkak dan membesar,” katanya.

Akhirnya difasilitasi, pihak Kepala Desa Kebongembong, Kecamatan Pageruyung untuk berobat dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Dari hasil laboratorium, penyebab mata sakit dan membesar adalah tumor ganas alias kanker.

AYO BACA : Naik Trail, Kapolres Kendal Bagikan Sembako di Desa Terpencil

“Kami langsung berkoordinasi dengan Ibu Bupati Kendal dan Dinas Kesehatan untuk biaya operasi dan selama perawatan di RS. Akhirnya dibantu dengan menggunakan SKTM.  Nova sudah sejak Jumat masuk RS dan rencananya Selasa akan dioperasi,” Kata Kepala Desa Kebon Gembong,  M Fachrurozi As’ary.

Ia mengaku rencananya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Paguyuban Bakul dan Broker Relasi Mobil Indonesia. “Bantuan tentu sangat berharga, karena meskipun biaya rumah sakit sudah ditanggung rumah sakit. Yang jelas keluarga masih butuh makan dan sebagainya. Sebab Casmari ini memiliki tiga anak, dan kondisinya tidak bisa bekerja dan harus menunggui anaknya di RS,” tandasnya.

Ketua Paguyuban Bakul dan Broker Relasi Mobil Indonesia Wilayah Kendal, Mulyono mengatakan pihaknya memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 10 juta dan lainnya berwujud sembako. Total seluruhnya lebih bantuan senilai Rp 13,5 juta .

“Uang ini didapat dari anggota paguyuban yang tersebar di pulau jawa dan luar pulau jawa. Jadi begitu dapat informasi, langsung saya kabarkan donasi. Selama sehari terkumpul 13,5 juta itu,” tandasnya.

Ia berharap dari bantuan ini bisa menggugah warga lainnya untuk bisa membantu keluarga adik Nova yang saat ini terkena musibah. “Semoga bisa segera sembuh dan bisa bermain seperti sedia kala,” imbuhnya.

AYO BACA : Komunitas dan Organisasi ini Bersama Lawan Korona


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar