Lomba Desa Handal Covid 19, Gugah Masyarakat Cegah Korona

  Senin, 13 Juli 2020   Edi Prayitno
[Ilustrasi] Virus korona. (istimewa)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Banyak cara dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran covid-19, bisa melalui sosialisasi maupun dengan sayembara. Tim Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Pandemi Virus Covid-19 Kabupaten Kendal mengadakan lomba Desa/Kelurahan Handal Covid-19. Perlombaan dimulai tanggal 14 Juli dengan pengumuman hasil lomba dilakukan pada sidang paripurna istimewa di DPRD Kendal 27 Juli 2020.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Winarno, SH, MM mengatakan, lomba tersebut bertujuan untuk menggugah masyarakat dalam melakukan antisipasi pencegahan covid-19 serta bagi desa/kelurahan yang dinobatkan sebagai pemenang akan menjadi percontohan bagi desa lain dalam melakukan antisipasi.

AYO BACA : Yamaha Freego Pilihan Tepat untuk Rutinitas Harian

Lebih lanjut Winarno mengatakan penilaian terdiri dari dua kategori dan lima indikator penilaian. Untuk lomba sebelumnya akan dilakukan sosialisasi oleh pihak kecamatan.

“ Ada dua kategorinya pertama satgas gotong royong jogo tonggo dan satgas kampung tangguh, untuk indikator penilaian diantaranya rumah isolasi, administrasi kelembagaan, pembiayaan, kegiatan inovasi dan pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan tugas,” jelas Winarno, Senin (13/07/2020).

AYO BACA : Inisiatif Stimulus Kredit bank bjb Terus Dorong UMKM Berdaya Hadapi New Normal

Sementara itu untuk satgas gotong royong jogo tonggo yang berada di tingkat RW telah terbentuk sebanyak 704 kelompok dan satgas kampung tangguh telah terbentuk lebih dari 200 desa.

Adapun jadwal perlombaan diawali dengan sosialisasi oleh pihak Camat kepada Pemerintah Desa pada tanggal 10-13 Juli, seleksi tingkat Kecamatan tanggal 14-17 Juli, penetapan perwakilan Kecamatan tanggal 20 Juli, penelitian berkas pemenang oleh tim juri tanggal 20-21 Juli, tinjauan lapangan dan pemaparan tanggal 22-24 Juli, penentuan hasil sekaligus penetapan pemenang 25-27 juli.

Diharapkan pada kegiatan yang dilakukan mampu memberikan dampak kepedulian bagi masyarakat dan mampu menjadi percontohan bagi desa lain, hal ini juga merupakan upaya dalam melakukan pencegahan yang melibatkan masyarakat. Sementara total hadiah sebesar Rp105.000.000 dengan 6 kategori pemenang, selain itu Bupati Kendal  Mirna Annisa akan memberikan piagam penghargaan kepada juara I, II dan III.

AYO BACA : Bidik E-Commerce di Pekalongan, DPEX Layani Kiriman ke Malaysia hingga Hongkong


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar