Berapa Kali Batas Penggunaan Minyak Goreng? Ini Jawabannya

  Sabtu, 01 Agustus 2020   Adib Auliawan Herlambang
Batas penggunaan minyak goreng (istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Demi penghematan, beberapa orang menggunakan minyak goreng berulang kali untuk menggoreng makanan. 

Alasannya, sayang dibuang karena penampakan minyak goreng masih bagus.

Tapi sebenarnya berapa kali batasan penggunaan minyak goreng yang aman untuk kesehatan?

AYO BACA : Menperin: Mulai 2020, Minyak Goreng Wajib Gunakan Kemasan

Brand Associate Tropicana Slim, Annice Manthovani mengatakan, batasan maksimal penggunaan minyak goreng adalah 2 kali pakai. 

Setelah 2 kali, selain kadar minyak jenuhnya meningkat, minyak goreng juga menghasilkan radikal bebas.

"Jadi, minyak goreng, sebaiknya dilakukan 2 kali pemakaian untuk menggoreng. Setelah digoreng, biasanya akan menjadi radikal bebas atau udah nggak bagus lagi jadi lemak jenuhnya makin tinggi," ujar Annice dalam acara Festival Komunitas Momcredible, Sabtu (1/8/2020).

AYO BACA : Jamaah Tarekat Satariyah Baru Rayakan Iduladha Hari Ini

Menurut Annice, alasan sayang untuk membuang minyak goreng tidak akan sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan saat anggota keluarga jatuh sakit. Jadi, suatu keharusan memastikan kualitas minyak sebelum memasak.

"Makanya penting untuk memilih minyak yang lemak jenuhnya rendah, karena ketika dia dimasak berulang itu, batas awalnya aja udah rendah. Dibanding dengan pakai minyak yang lemak jenuhnya sudah tinggi, terus digoreng makin tinggi lagi," paparnya.

Minyak goreng yang sejak awal mengandung lemak jenuh tinggi, akan semakin meningkat saat proses penggorengan. Itu sebabnya mengapa minyak yang rendah lemak jenuh seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak wijen, dan minyak canola bisa jadi pilihan yang lebih sehat.

Ini juga yang jadi alasan mengapa makan di rumah lebih sehat dibanding makan di luar rumah. Siapa yang bisa menjamin mereka menggunakan minyak dengan batasan 2 kali pakai kemudian dibuang.

"Kalau di luar rumah, minyaknya sudah sampai hitam banget, terus digoreng. Soalnya kalau cuma 2 kali harus ganti, mereka mikirnya merasa boros," tutupnya.

AYO BACA : Kata Ahli Gizi Soal Minyak Goreng Curah


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar