Dispertan Kota Semarang Temukan Cacing Hati pada 48 Hewan Kurban

  Sabtu, 01 Agustus 2020   Afri Rismoko
Petugas Dispertan Kota Semarang mengecek kondisi hati pada hewan kurban yang telah disembelih. (dok)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Semarang merekap setidaknya ada 48 hewan kurban yang terdapat cacing hati. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Hernowo Budi Luhur, Sabtu (1/8/2020).

AYO BACA : Waduh Ada Cacing Hati di Sapi Kurban di Kendal

“Data sementara yang kami himpun mulai hari raya Iduladha kemarin hingga, Sabtu (1/8/2020) pukul 17.00 WIB ditemui cacing hati di 48 hewan kurban. Jumlahnya masih bisa bertambah karena kemungkinan Minggu hingga Senin besok masih ada proses penyembelihan hewan kurban,” ujarnya. 

AYO BACA : Update: Ada 5.703 Orang di Jateng Sembuh dari Covid-19

Dia menerangkan, jumlah yang diketahui tersebut berasal dari 297 titik di Kota Semarang. Adapun hewan kurban yang disembelih sejak hari raya Iduladha kemarin ada 1.052 ekor sapi, 3.081 ekor kambing, 34 ekor domba dan 2 kerbau.

“Kalau yang ditemukan ada cacing hatinya tentunya hati harus dibuang. Kalau paru-parunya kena pneumonia juga harus dibuang,” imbuhnya.

Pihaknya akan terus memantau penyembelihan hewan kurban dengan menerjukan personel ke beberapa lokasi. Dia juga berharap peran serta masyarakat untuk melaporkan jika ditemui kasus serpa.

Sebelumnya, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kota telah menerjunkan sejumlah 87 petugas bekerjasama dengan 105 Dokter Hewan dalam kegiatan pengawasan hewan kurban di Iduladha tahun ini.

AYO BACA : Budidaya Cacing, Usaha Menjanjikan di Tengah Pandemi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar