Tiongkok Pamerkan Vaksin Covid-19, Kapan Dirilis?

  Selasa, 08 September 2020   Adib Auliawan Herlambang
Kandidat vaksin Covid-19, Sinovac. (Noel Celis/AFP)

TIONGKOK, AYOSEMARANG.COM -- Tiongkok baru saja memamerkan vaksin Covid-19 untuk pertama kalinya. Bahkan, obat Covid-19 ditargetkan bisa diproduksi massal pada akhir 2020.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (8/9/2020), harapan besar manusia itu digantungkan pada botol kecil berisi cairan yang ditunjulkan dalam pameran perdagangan di Beijing, minggu ini.

Kandidat vaksin Covid-19 potensial tersebut diproduksi oleh 2 perusahaan farmasi Tiongkok, yakni Sinovac Biotech dan Sinopharm.

AYO BACA : Vaksin Covid-19 Merah Putih Diproduksi Massal 2022

Saat ini, memang belum ada obat virus Korona racikan mereka yang masuk di pasaran karena masih bersiap untuk melakukan uji coba fase 3.

Seorang perwakilan Sinovac mengatakan kepada AFP bahwa perusahaannya telah menyelesaikan pembangunan pabrik vaksin yang mampu memproduksi 300 juta dosis setahun.

Di sisi lain, media dan pejabat pemerintah juga menggembar-gemborkan kemajuan dalam vaksin domestik, sebagai tanda kepemimpinan dan ketahanan Tiongkok terhadap ancaman kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

AYO BACA : Budidaya Kelinci Jadi Peluang Bisnis, Daging hingga Air Kencing Laku Dijual

Pada Mei lalu, Presiden China Xi Jinping berjanji membuat vaksin potensial yang dikembangkan oleh Tiongkok untuk dijadikan sebagai 'barang publik global'.

Vaksin Covid-19 yang dipamerkan Tiongkok termasuk di antara 10 vaksin potensial diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Secara terpisah, Sinopharm mengatakan, pihaknya memperkirakan bahwa vaksin yang mereka buat mampu membentuk antibodi untuk melawan Covid-19 dalam durasi 1-3 tahun.

Sedangkan Global Times pada bulan lalu melaporkan bahwa harga vaksin yang dibuat perusahaan Tiongkok tidak akan dibanderol tinggi. 

Sementara itu, kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua melaporkan pada Senin bahwa kandidat vaksin Covid-19 lain, yang dikembangkan oleh ilmuwan militer Tiongkok, juga diklaim dapat mengatasi mutasi pada virus Korona.

AYO BACA : Indonesia Berpeluang Jual Vaksin Covid-19 ke Negara Lain


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar