Mahasiswa KKNT-UPGRIS Datangi Rumah Siswa Dampingi Belajar

  Selasa, 15 September 2020   Abdul Arif
Mahasiswa KKNT-UPGRIS Datangi Rumah Siswa Dampingi Belajar. (dok)

AYOSEMARANG.COM -- Wabah Virus Korona sekarang ini menjadi momok bagi seluruh dunia termasuk Indonesia, tak dapat dipungkiri adanya wabah ini membuat semua sektor menjadi terpengaruh tak terkecuali sektor pendidikan.

Pemerintah menetapkan adanya pembatasan seluruh kegiatan belajar mengajar dari jenjang PAUD hingga Perguruan Tinggi. 

AYO BACA : Tingkatkan Literasi Masyarakat, Mahasiswa KKNT UPGRIS Sebarkan Media Edukasi Covid-19

Dengan adanya peraturan ini membuat jutaan siswa dirumahkan, serta mengharuskan untuk melakukan pembelajaran secara daring atau belajar di rumah. Tentunya dengan adanya ketetapan ini banyak terjadi kekurangan selama pembelajaran di rumah, diantaranya banyak orang tua siswa yang mengeluh dan kurang sabar dalam mendampingi anak belajar, banyak siswa yang kurang faham dengan materi yang diajarkan.

Dari permasalahan yang timbul membuat Risa Widia, Mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan UPGRIS memilih tema Covid 19 dan dengan tema khusus Pendidikan pada KKN Tematik 2020 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Iffah Muflihati, STP.,M.Sc. 

AYO BACA : Mahasiswa KKN-T UPGRIS Membuat Media Pembelajaran Ular Tangga di masa Pandemi

Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan KKN adalah di Desa Mondoliko RT 001/RW 002 Kelurahan Bedono Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Desa Mondoliko memiliki kurang lebih 30 anggota keluarga (KK) yang masih bermukim di desa tersebut dan sekitar 150 anggota keluarga lainnya sudah bermukim di tempat lain. Hal tersebut karena bencana rob yang terjadi selama kurang lebih 25 tahun terakhir membuat banyak rumah dan fasilitas warga menjadi rusak, tentu saja hal ini membuat warga Mondoliko terisolasi karena akses jalan yang sangat susah.

Dengan adanya kegiatan KKN Tematik ini diharapkan dapat membantu para siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar dilakukan dengan cara mendatangi rumah masing-masing siswa dengan alasan untuk meminimalisir kerumunan dan tentunya Risa Widia juga tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan KKN diselenggarakan mulai 17 Agustus – 17 September 2020.

Pembelajaran dilakukan seminggu 3 kali sesuai dengan program kerja yang sudah dirancang. Orang tua siswa merasa senang dan sangat terbantu dengan adanya program KKN yang dilakukan oleh Risa Widia. Bu Khoiriyah menuturkan “saya merasa terbantu dengan adanya
\nkegiatan belajar ini, kegiatan belajar ini membuat anak saya merasa lebih bersemangat dalam belajar apalagi gratis”.

--Risa Widia, peserta KKN-T UPGRIS

AYO BACA : Mahasiswa UPGRIS Kenalkan Google Meet dan Quizizz untuk Pembelajaran Online

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar