Menaker Tegaskan Tak Hambat Pencairan Subsidi Gaji

  Rabu, 16 September 2020   Adib Auliawan Herlambang
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (Humas Kemenaker)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk memproses pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji senilai Rp1,2 juta bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta.

Ida menegaskan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tidak ada upaya untuk menghambat penyaluran uang subsidi upah itu untuk ditransfer ke rekening masing-masing penerima. 

Namun, pihaknya harus bekerja secara prosedural sesuai regulasi agar program ini tepat sasaran kepada para pekerja yang memang memenuhi kriteria.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan bank penyalur (Himbara) untuk mempercepat proses transfer ke rekening penerima dan jika ada kendala maka kami cari jalan keluar bersama,” kata Ida dalam keterangan resminya, Rabu (16/9/2020).

AYO BACA : Menaker Ungkap Kendala Penyaluran Subsidi Gaji Rp600.000

Ida menyebut penyaluran subsidi gaji saat ini memasuki tahap ketiga. Dia memastikan penyaluran uang subsidi upah tahap ketiga telah dicairkan kepada 3,5 juta orang, yaitu pekerja atau buruh yang berhak menerima sesuai dalam ketentuan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.14 Tahun 2020.

Diketahui, penyaluran tahap ketiga ini melengkapi penyaluran pada tahap sebelumnya, yakni tahap pertma sebanyak 2,5 juta orang penerima dan tahap kedua sebanyak 3 juta orang penerima. 

Secara total, hingga saat ini penyaluran subsidi upah telah diberikan kepada 9 juta penerima atau 57% dari total target 15,7 juta orang penerima.

Seperti dilansir Ayojakarta, beberapa netizen media sosial Twitter tampak mengeluh karena saldo rekening mereka belum terisi sejumlah uang subsidi upah di tahap ketiga ini.

AYO BACA : Polda Jateng: Operasi Yustisi Digelar Sampai Masyarakat Sadar Protokol Kesehatan

“Min @BPJSTKinfo kok saya tunggu blt batch 3 belum cair juga? (bank bca)?? Jadinya kapan jangan php dongg @idafauziyah,” tulis akun @Riry170892, Selasa (15/9/2020).

“@BPJSTKinfo @HaloBCA menurut info BLT batch 3 sudah cair hari ini. Tapi punya saya tidak cair juga. Padahal kawan-kawan satu perusahaan sudah dapat di tgl 7 kemarin. Apa jika rekening sudah tertera dan memenuhi kriteria penerima BLT akan tetap dapat walaupun tahapnya entah kapan?,” tulis @Risda0427.

“Permisi mimin @BPJSTKinfo saya peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan, sampe tahap 3 penyaluran BLT saya kok ga ddapat ya BLT dari pemerintahan. Gimana nih solusinya, sedangkan HRD perusahaan kami uda mengkombinasikan ke BPJS ke aktifkan peserta karyawannya,” tulis @ibobSimatupang.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Soes Hindharno mengatakan pencairan subsidi gaji tahap ketiga ini memang membutuhkan waktu lebih lama. 

Hal ini karena Kemenaker harus melakukan pemeriksaan data penerima subsidi upah yang jumlahnya lebih besar dari tahap pertama dan tahap kedua, yakni sebanyak 3,5 juta orang.

“Proses pencairan terus dipercepat. Namun, tetap harus melalui proses cek dan ricek kembali agar tidak terjadi kesalahan data penerima sehingga program subsidi upah ini tepat sasaran,” kata Soes dalam keterangan resminya, Minggu (13/9/2020). (Aini Tartinia)

AYO BACA : Sabar, Subsidi Gaji Tahap 3 Mulai Cair Besok


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar