Polda Jateng Ungkap Kasus Pencurian di Indomaret hingga Bobol Rumah, Begini Modusnya

  Rabu, 16 September 2020   Vedyana Ardyansah
Gelar perkara di Ditreskrimum Polda Jateng (dok humas)

BANYUMANIK, AYOSEMARANG.COM -- Dalam periode Januari hingga Juni 2020 jajaran Ditreskrimum Polda Jateng berhasil mengungkap sejumlah kasus pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) dengan berbagai modus.

Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol Wihastono Yoga Pranoto mengatakan, untuk kasus Curat spesialis toko modern Indomaret dan Alfamart, Ditreskrimum Polda Jateng berhasil mengungkap 4 kasus. Yakni di Banyumas, Gumilir, 2 kasus di Semarang yang terjadi di Alfamart Jl. Teuku Umar Indomart dan Jl. Perintis Kemerdekaan Semarang.

Modus Operandi pelaku pura-pura membeli kemudian menyekap penjaga toko, ucap Kombes Pol Wihastono usai gelar perkara di halaman Ditreskrimum Polda Jateng, Rabu (16/9/2020).

AYO BACA : Unit Rekrim Polsek Tembalang Tangkap Oknum Satpam Pelaku Pencurian

Untuk di Indomaret Banyumas, pelaku berjumlah 2 orang modusnya, mereka mengancam pegawai dengan senjata mirip senjata api. Di Indomaret Gumilir dengan modus pembobolan ATM Bank dalam Indomaret. Barang Bukti yang diamankan Uang Tunai Rp1 juta dan Rp1 miliar yang ada di dalam mesin ATM.

Sementara kasus di Semarang,  para pelaku mengancam dengan senjata tajam, barang bukti antara lain uang tunai sejumlah Rp32,5 juta. 

Selanjutnya pembobolan rumah di desa Purbo, Bawang, Kabupaten Batang. petugas mengamankan uang senilai Rp433 juta, 11 Unit KBM, 4 motor, 1 Kulkas, 1 mesin cuci. Kasus serupa juga ada di Bawen  Kab. Semarang pada (21/8/2020). Pelaku berjumlah 6 orang dan 1 masih DPO.

AYO BACA : Polda Jateng Tangkap Pelaku Pencurian Disertai Kekerasan di Kudus

Selain itu, petugas juga mengungkap kasus pencurian spesialis KBM yang terjadi pada Rabu (2/9/2020) lalu di Kab. Demak. Tersangka berjumlah 6 orang dan 3  masih DPO. Kerugian ditaksir mencapai Rp130 juta, Katanya.

Kasus yang diungkap selanjutnya yaitu pencurian di toko mas pada Sabtu (25/7/2020) lalu salah satu toko Emas di Blora. Modus pelaku mengancam dengan senjata tajam dan memecah etalase dengan sabit. kerugian ditaksir mencapai Rp274 juta.

Ditreskrimum Polda Jateng juga mengungkap Kasus perusakan pintu mobil dan pecah kaca pada Jumat (28/8/2020) di Rest Area Km 429 Ungaran dan Jalan Raya Wilkum Polres Ungaran. Total kerugian Rp2 juta.

Adapun pasal yang akan dijeratkan kepada sejumlah pelaku ini sesuai tindakannya, Pasal 365 atau 363.

Ayo Nonton:

AYO BACA : Pencuri di Masa Pandemi Covid-19 Bisa Ditembak


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar