Tim Gabungan Gelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Sejumlah Pasar, 112 Warga Dapat Sanksi

  Rabu, 16 September 2020   Vedyana Ardyansah
Tim gabungan tengah persiapan sebelum operasi yustisi Protokol Kesehatan. (dok)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM -- Sejumlah petugas gabungan menggelar kegiatan penegakan protokol kesehatan di sejumlah Pasar Johar Baru, Pasar Karangayu dan Pasar Sampangan, Rabu (16/9/2020).

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, dalam kegiatan tersebut, masih didapati sejumlah warga yang tak menerapkan protokol kesehatan, khususnya memakai masker.

Dalam kegiatan hari ini, ada 112 pelanggar di 3 Pasar tersebut. 35 pelanggar dilakukan penyitaan KTP, sedangkan 77 pelanggar dilakukan hukuman sosial, ujarnya saat dihubungi ayosemarang.com.

AYO BACA : Deretan Fakta Mengenai Pencairan Subsidi Gaji Pekerja

Selain itu, juga dilakukan rapid test kepada sejumlah warga di Pasar tersebut.

Sebelumnya, dari data rekap operasi yustisi dari Agustus-September saat ini, Satpol PP Kota Semarang sudah melakukan tindakan kepada 967 masyarakat yang didapati tak memakai masker.

Dari 967 tersebut, sebanyak 241 dilakukan penyitaan KTP, dan 716 orang dihukum sosial. Yakni menyapu jalanan, imbuhnya.

AYO BACA : Ternyata Ini Alasan Indonesia Tidak Lockdown, Bukan karena Ekonomi

Pihaknya berharap, dengan adanya hukuman menyapu jalan bisa menjadi efek jera bagi masyarakat agar lebih disiplin dalam penggunaan masker sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kota Semarang.

Karena kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 ini juga penting. Jadi harapannya masyarakat tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker jika keluar rumah,harapnya.

Saat ditanya bagaimana jika hukuman menyapu jalanan belum menjadi efek jera bagi masyarakat untuk lebih disiplin. Pihaknya berencana akan mengubah hukuman sosial tersebut.

Kalau memang ke depa  masih banyak warga yang tak pakai masker. Kita akan mencoba ganti hukuman menyapu jalanan dengan membersihkan sekitar sungai, tegasnya.

AYO BACA : Kampanyekan Protokol Kesehatan, PIA DPR Gelar Baksos di Kompleks Parlemen Senayan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar