Subsidi Gaji Tahap 3 Sudah Cair, Cek ATM!

  Kamis, 17 September 2020   Adib Auliawan Herlambang
Ilustragsi uang subsidi gaji (istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Sejumlah netizen penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji pekerja senilai Rp1,2 juta tahap ketiga, mengaku telah ada dana masuk ke rekening, pada Rabu (16/9/2020). 

 Hal ini terlihat dalam kolom komentar akun Instagram @kemnaker.

Dalam unggahan akun tersebut mereka mengucapkan syukur dan berterima kasih karena subsidi gaji Rp1,2 juta telah berhasil diterima di rekening masing-masing.

“Alhamdulillah tahap 3 BLT cair. Hatur nuhun pemerintah,” tulis akun @rakarahardian75.

AYO BACA : Menaker Tegaskan Tak Hambat Pencairan Subsidi Gaji

Lalu, admin aku @kemnaker memberikan balasan untuk komentar tersebut. 

“Kembali kasih Rekan @rakarahardian75. Semoga bermanfaat,”

Ada beberapa akun lain mengungkapkan hal yang sama mengenai konfirmasi telah cairnya uang subsidi upah bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta itu.

“terima kasih mandiri sudah cair min tahap 3,” tulis @iqbalmf_scout seraya mention akun Kemnaker.

AYO BACA : Astaga! 30 Kantor BUMN dan BUMD di Jakarta Klaster Covid-19

“Alhamdulillah yg batch 3 rek mandiri cair male mini, thx pemerintah,” tulis @rabellidp yang mengatakan telah menerima pencairan uang subsidi upah pada dini hari tadi.

Diketahui, pencairan subsidi gaji tahap ketiga ini menuai beberapa kendala. Bahkan, sempat mengalami penundaan yang seharusnya uang subsidi upah ini bisa cair sejak Jumat (11/9/2020), jika menurut perhitungan 4 hari kerja setelah Kemenaker menerima penyerahan data calon penerima oleh BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, ketentuan 4 hari tersebut memang diatur dalam petunjuk teknis (Juknis) sebagai upaya untuk meminimalkan resiko kesalahan data penerima sehingga BSU atau BLT tepat sasaran kepada pekerja yang benar-benar sesuai kriteria.

Ia juga menjelaskan, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) akan menyetorkan data kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). KPPN yang akan mencairkan uang subsidi upah kepada bank penyalur, yakni Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Kemudian, bank Himbara akan mencairkan uang BLT ke rekening penerima langsung maupun bank swasta.

Menaker juga mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin agar uang subsidi gaji cair tepat waktu di rekening para pekerja.

Diketahui, terhitung pada 14 September 2020 Kemenaker telah menyalurkan uang subsidi gaji ke 5,45 juta orang penerima. Hal ini berarti sudah memenuhi 99,1% target penerima dari 5,5 juta orang penerima. 

Menaker berharap bantuan subsidi upah ini dapat membantu perekonomian para pekerja di tengah pandemi Covid-19. (Aini Tartinia)

AYO BACA : Pemerintah Pastikan Subsidi Gaji Rp600.000 Berlanjut hingga 2021


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar