Viral Ibu Gunting Bendera Merah Putih, Polisi Jelaskan Alasannya

  Kamis, 17 September 2020   Adib Auliawan Herlambang
Ibu gunting-gunting bendera merah putih (istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOSEMARANG.COM -- Viral video di media sosial yang merekam seorang Ibu menggunting bendera merah putih di Kabupaten Sumedang. Dalam hal ini, petugas kepolisian langsung merespon dengan cepat tindakan pengguntingan bendera tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago menjelaskan, bahwa kejadian tersebut terjadi pada Selasa (15/9/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. 

"Dalam penyelidikan pemeriksaannya, ternyata bahwa seorang ibu yang menyobek-nyobek bendera tersebut itu untuk mengingatkan atau memberi efek jera kepada seorang anaknya. Kebetulan anaknya tuh disabilitas, setiap harinya anak tersebut kemana-mana entah tidur atau bermain selalu membawa bendera merah putih," ujarnya, Kamis (17/9/2020).

"Mungkin karena sudah terlalu lama melakukan hal tersebut, ibunya marah, maka digunting lah bendera tersebut didepan anaknya," tambahnya.

AYO BACA : 4 Fakta Wanita Pembakar Bendera Merah Putih di Lampung

Seteleh diperiksa, Ibu tersebut tidak mempunyai maksud apapun dan tidak memiliki rasa benci terhadap bendera merah putih.

"Tapi yang jadi permasalahan adalah ada yang memvideokan dan memviralkan, itu yang jadi masalah. Pada intinya ibu tersebut dari hasil pemeriksaan itu tidak mempunyai maksud apapun juga terkait kebencian terhadap bendera merah putih maupun negara NKRI," tutur Erdi.

Kemudian, polisi mengamankan 3 orang yang terlibat dalam video tersebut. 

"Dari hasil pemeriksaan Polres Sumedang ketika viral itu dengan sigap dan pada saat itu juga Polres langsung bergerak dan mengamankan 3 orang pelaku," jelasnya.

AYO BACA : Seleksi Belum Usai, PSISa Sudah Dapat Tawaran Sparing

Polisi masih melakukan penyelidikan mendalam terkait video penyobekan bendera merah putih tersebut. 

"Masih diamankan, masih dilakukan pemeriksaan terhadap tiga orang tersebut yaitu ibunya, kemudian dua orang yang termasuk memvideokan, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan," tutur Erdi.

Pemeriksaan sementara, lanjut Erdi, menjelaskan bahwa ibu tersebut tidak mempunyai motif apapun terkait kebencian terhadap negara Indonesia maupun bendera kita.

"Yang mempostingnya sedang didalami juga terkait masalah pelanggaran ITE, apakah ini masuk kedalam unsur-unsur perbuatan melawan hukum terkait masalah informasi dan elektronik, penyidik sedang berusaha mencari perbuatan melawan hukum atau niat jahat dari yang memviralkan," jelasnya.

Petugas kepolisian mengamankan 3 orang berinisial P, A dan DE. Dalam video tersebut, P yang melakukan pengguntingan terhadap bendera merah putih.

"Jadi untuk sementara, sekali lagi saya sampaikan tidak mempunyai motif apapun juga terkait kebencian terhadap negara Indonesia maupun bendera merah putih, tapi hal ini dilakukan karena ada satu kejengkelan terhadap anaknya yang ada sedikit gangguan mental yang kemanapun juga membawa bendera merah putih," kata Erdi. (Fichri Hakiim)

AYO BACA : Merah Putih Berlogo Palu Arit Berkibar di Kampus, Unhas Serahkan ke Pihak Berwajib


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar