Panas! Trump Terang-terangan Serang Tiongkok di Sidang PBB

  Rabu, 23 September 2020   Adib Auliawan Herlambang
Presiden AS donald trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping (Susan Walsh/AP Photo)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Tiongkok menuding Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah 'menyebar virus' politik saat berbicara di Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (UNGA), Selasa (22/9/2020).

Menyadur Al Jazeera, Rabu (23/9/2020), Trump secara terang-terangan menyerang Tiongkok terkait penanganan pandemi Covid-19.

Presiden ke-45 AS itu menyebut negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu harus bertanggung jawab karena telah melepaskan wabah Covid-19 ke dunia.

Mendapat serangan langsung dari Trump, Tiongkok lewat Duta Besarnya di PBB, Zhang Jun menegaskan bahwa tuduhan Amerika Serikat itu tidaklah memiliki dasar.

“Ketika komunitas internasional benar-benar berjuang keras melawan Covid-19, Amerika Serikat menyebarkan virus politik di sini di Majelis Umum,” kata Zhang.

AYO BACA : Donald Trump Sebut Vaksin Covid-19 Siap Empat Minggu Lagi

“Dunia berada di persimpangan jalan. Saat ini dunia membutuhkan lebih banyak solidaritas dan kerja sama, tetapi bukan konfrontasi, " lanjutnya.

Di forum yang sama, Xi Jinping menyerukan bahwa tanggapan global sangat penting untuk menyelesaikan pandemi Covid-19.

Dalam apa yang tampak sebagai sindiran kepada Donald Trump, Xi juga berujar bahwa negara-negara di dunia harus memberikan peran utama kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Menghadapi virus ini, kita harus meningkatkan solidaritas dan melalui ini bersama-sama,” kata Xi Jinping.

“Kita harus mengikuti bimbingan sains, memainkan peran utama Organisasi Kesehatan Dunia, dan meluncurkan tanggapan internasional bersama untuk mengalahkan pandemi ini," imbuhnya.

AYO BACA : Apa Penyebab Terjadinya Resesi Ekonomi? Ini 5 Faktornya

Lebih jauh, Xi Jinping menekankan bahwa upaya mencari solusi dari pandemi Covid-19 harus dijauhkan dari unsur-unsur politik.

"Setiap upaya untuk mempolitisasi masalah, atau stigmatisasi, harus ditolak," kata Xi.

Sebelum berbicara di Majelis Umum PBB (UNGA), Trump sudah rutin menggambarkan Covid-19 sebagai virus dari Tiongkok.

Dia menuding Beijing sengaja mengizinkan orang meninggalkan Tiongkok pada tahap awal wabah untuk menginfeksi dunia sambil menutup perjalanan domestik.

"Pemerintah China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang secara virtual dikendalikan oleh Tiongkok, secara keliru menyatakan bahwa tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia," kata Trump dalam sambutan yang disampaikan dari jarak jauh ke UNGA.

"Kemudian mereka secara tidak benar mengatakan orang tanpa gejala tidak akan menyebarkan penyakit ... PBB harus meminta pertanggungjawaban Tiongkok atas tindakan mereka," ujarnya. 

AYO BACA : Parah! Donald Trump Paksa Wartawan Lepas Masker


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar