Mahasiswa Udinus Tanam 4 Ribu Mangrove di Mangunharjo

  Rabu, 23 September 2020   Arie Widiarto
Mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) menanam mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang, Rabu (23/9/2020). (istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Puluhan mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) melakukan penanaman 4.000 mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Semarang khususnya di wilayah pesisir pantai, Rabu (23/9/2020). Kegiatan Udinus Care Conservation (UCC) menjadi agenda rutin bagi Udinus dalam menyambut mahasiswa baru.

UCC sendiri merupakan bagian dari rangkaian Dinus Inside 2020. Penyerahan secara simbolik dilakukan  Kelurahan Mangunharjo diwakili oleh Lurah Mangunharjo, Mohammad Khoirul Amir. Sedangkan dari pihak Udinus diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Kusni Ingsih dan Kepala Biro Kemahasiswaan Rindra Yusianto dan Kepala Biro Akademik, Achmad Wahid Kurniawan.

AYO BACA : Teliti Pembelajaran Jurnalistik, Dosen UPGRIS Raih Doktor

Proses penanaman mangrove dilakukan oleh mahasiswa pada Dinus Inside hari terakhir, hari ini. Para mahasiswa baru langsung dikoordinasi dan diarahkan oleh penggiat pelestarian mangrove di Mangunharjo, yakni Sururi.

Dr Kusni Ingsih menjelaskan pengikisan karena air laut di pesisir Kota Semarang semakin hari semakin parah, melihat hal itu Udinus fokus dan rutin untuk membantu memberikan bibit sekaligus membantu melakukan penanaman di daerah tersebut. Udinus sudah melakukan penanaman mangrove sejak tahun 2015.

AYO BACA : Mahasiswa Teknologi Pangan UPGRIS Lolos Ikuti Indofood Riset Nugraha 2020

“Kami bekerja sama dengan pengelola disana dan memberikan ribuan bibit. Nantinya akan mahasiswa dari UKM Aldakawanaseta yang merupakan UKM pencinta alam untuk rutin meninjau lokasi disana. Keesokan harinya perwakilan mahasiswa akan melakukan penanaman langsung namun tetap patuh dengan protokol kesehatan,” ungkap dia.

Sururi mengungkapkan banyak dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat dengan kembalinya fungsi hutan mangrove di daerah Mangunharjo. Satu diantaranya, para nelayan mudah untuk mendapatkan ikan dan tak perlu mencari ikan hingga tengah laut. Tak hanya itu saja, daratan di Mangunharjo kini telah bertambah panjang sekitar 150 meter dan lebar 600 meter.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pemberian bibit ini. Dampaknya positifnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Di lokasi ketiga penanaman mangrove sudah cukup berhasil dan sudah ada penambahan daratan,”ungkap dia.

Pemberian bibit mangrove sebagai satu diantara kegiatan dalam menyambut mahasiswa baru. Terdapat 3.857 mahasiswa baru Udinus.

AYO BACA : Kemendikbud Tegaskan Pelajaran Sejarah Tidak Dihapus


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar