Dinas Kesehatan Batang Temukan 698 Kasus Tuberkulosis hingga September 2020

  Rabu, 14 Oktober 2020   Muslihun
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Batang (Muslihun/kontributor Batang)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Berdasarkan data Dinkes Batang hingga September 2020 ini sudah ada 689 kasus Tuberkulosis (TB) yang ditemukan.

Penemuan kasus tersebut memang belum sebanyak tahun 2019, yang tembus hingga angka 1.208 kasus. Adapun angka kesembuhan TB di Batang mencapai 89%. 

AYO BACA : Dinkes Batang Buka Pelayanan Tes Swab Gratis, Ini Caranya

"Dinkes terus imbau masyarakat untuk tetap waspada dengan penyakit apapun. Baik itu terkait dengan Covid-19, dan penyakit lainnya, Untuk TB data saat ini sudah ada 698 kasus yang secara penemuan menurun karena fokus ke Covid-19," terang Kepala Dinkes Batang melalui Kasi P2PM, Farikhun, Rabu (14/10/2020). 

Dijelaskan, penyakit TB dan Covid-19 sama-sama menular dari droplet, perbedaannya pada diagnosisnya. Kalau Covid-19 dari virus, sedangkan TBC dari kuman atau bakteri. 

AYO BACA : Ciptakan Kondusifitas Pilkada dengan Disiplin Protokol Kesehatan

"Meski sedang disibukkan dengan kegiatan tracking Covid-19, dinkes juga tetap menjalankan tugas untuk tracking kasus TB dan kasus lainnya,"kata Farikhun 

Selama ini kasus TBC di Batang lanjutnya, hampir 89% penderitanya dapat diobati hingga sembuh total. Hanya saja memakan waktu antara 6 bulan sampai 9 bulan dan harus ada semangat sembuh sehingga tidak putus obat maupun bosan dalam proses penyembuhan. 

"Target kita kedepan akan terus mencari penderita TB sebanyak-banyaknya karena screaning kita masih negatif sehingga perlu sosialisasi untuk pencegahan dan pengobatan," ungkapnya.
 
Dinkes berharap seluruh elemen masyarakat untuk terus melakukan pencegahan serta menjaga kesehatan minimal diri kita dan keluarga. 

TB merupakan penyakit menular sehingga harus ada penangana extra baik diri sendiri maupun petugas kesehatan yang menanganni kasus tersebut, maka lindungi diri menggunakan masker dan APD lainya. 

 

AYO BACA : Satu Perawat di Puskesmas Batang 3 Positif Covid-19, Pelayanan Tutup 2 hari


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar