Jaga Ketahanan Pangan, Kodim 0715 Kendal Ajari Peternak Buat Pupuk Organik

  Jumat, 16 Oktober 2020   Edi Prayitno
Anggota Kodim 0715 Kendal sedang memberikan arahan kepada peternak cara membuat pupuk organik. (edi prayitno/kontributor kendal)

KANGKUNG, AYOSEMARANG.COM -- Berbekal ilmu pertanian di bidang ketahanan pangan, anggota Babinsa Kodim 0715 Kendal ajari peternak mengolah pupuk organik. 

Selain ramah lingkungan, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi limbah peternakan agar dapat dimanfaatkan lebih baik pada lahan pertanian penduduk.

AYO BACA : Budidamber Angkat Produksi Ikan Air Tawar di Kendal

Beginilah ektivitas Serka Agung Santoso, Babinsa anggota Kodim 0715 Kendal di sela-sela kesibukannya mengikuti program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)  reguler ke-109 di Desa Sendangkulon Kangkung. Bersama dua rekannya, menyempatkan diri untuk menyambangi salah satu peternakan kambing yang tak jauh dari lokasi tempatnya bertugas.

Berbekal ilmu pertanian yang dimiliki di bidang ketahanan pangan, selain membantu memberi makan ternak Serka Agung mencoba menularkan ilmunya melalui pelatihan pembuatan pupuk organik kepada para peternak dan petani di Desa Sendangkulon. Tujuannya tak lain untuk membantu para peternak dan petani mendapatkan hidup yang lebih sejahtera.

AYO BACA : Pemkot Semarang Beri Sinyal Bioskop Dibuka

Pupuk organik berbahan dasar dari, kotoran kambing, sekam, dedaunan, dekomposer, molase dan tetes tebu yang keseluruhannya dicampur hingga rata dengan tingkat kebasahan 70%.  

“Untuk siap digunakan adonan pupuk harus dimasukan kedalam karung yang tertutup rapat atau tempat penyimpanan padat lainnya. Setelah itu  didiamkan selama satu bulan pada tempat yang teduh tidak basah dan tidak terpapar langsung sinar matahari,” jelas Serka Agung Santoso .

Sementara itu Mirat, yang kesehariannya bekerja sebagai peternak sekaligus petani mengaku senang karena akhirnya bisa mendapatkan ilmu baru. 

“Nantinya bisa memanfaatkan limbah peternakan menjadi pupuk organik agar lebih bermanfaat untuk lingkungan dan lahan pertanian miliknya,” ujarnya.

Pupuk organik juga berperan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah di lahan pertanian penduduk sekitar melalui perbaikan sifat kimia, fisik dan biologinya. Ddengan struktur tanah yang subur maka pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih baik.

AYO BACA : 75 Tahun Jalan Dukuh Pening Baru Tersentuh Pembangunan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar