Salahi Aturan Pemasangan, Ribuan APK PIlkada Kendal Ditertibkan

  Jumat, 16 Oktober 2020   Edi Prayitno
Bawaslu Kendal bersama Satpol PP dan Damkar Kendal menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di sejumlah titik di Kendal. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Menyalahi aturan pemasangan dan tidak sesuai dengan desain yang diberikan kepada KPU Kendal, ribuan Alat Peraga  Kampaye  (APK) pemilihan  bupati dan wakil  bupati Kendal ditertibkan oleh  Bawaslu Kendal dan Satpol PP dan Damkar Kendal.

AYO BACA : Paslon di Kendal Belum Manfaatkan Kampanye Daring

Apk yang ditertibkan  dari berbagai  jenis dan ukuran yang dipasang tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Kendal disejumlah titik di Kabupaten Kendal. Cara  pemasangan yang tidak  boleh dipaku di pohon tetapi  banyak  gambar yang dipaku. Kemudian  pemasangan tempat  fasilitas  umum  yang di  biayai oleh negara,  seperti  tiang  listrik , telpon maupun  tugu pembatas  wilayah.

AYO BACA : Pemprov Jateng-Kemendag Dorong Jaringan Hotel Serap Produk UMKM

Selain itu  juga  masih banyak   spanduk yang di pasang  melintang  jalan. Baliho maupun spanduk, umbul-umbul dan poster  hampir semua  melanggar pasalnya ukuran  dan desainya  tidak sesuai  yang diberikan  ke KPU Kendal.

Komisioner  Bawaslu Kendal, Teguh  Firman Sudibyo penertiban ini dilakukan  serentak   baik di tingkat  kabupaten, kecamatan maupun desa. ” Ada  seribu lebih APK yang melanggar dengan  berbagai jenis dan ukuran dan tidak sesuai ketentuan  KPU,” katanya.

Bahkan  ada  baliho yang terpasang di  pertigaan  lampu merah  Desa Kebonadem Brangsong  diturunkan paksa. Pasalnya selain tidak sesuai dengan aturan juga  belum membayar pajak. “Penetriban  APK juga melibatkan  Badan Keuangan Daerahm Satpol PP dan Damkar Kendal, kepolisian  dan jajaran  panwas  kecamatan secara  serentak,” imbuh Firman.

Sebelumnya  Bawaslu  maupun  Panwaslu sudah membertahu  kalau beberapa titik  APK yang dipasang  melanggar  kalau  dalam  waktu  1X24 jam tidak  di turunkan atau  di pindah maka   akan ditertibkan.

AYO BACA : Ribuan APK Melanggar, Bawaslu Kirim Teguran


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar