>

Keripik Pisang Raja Nangka Kendal Tembus ke Jepang

  Minggu, 01 November 2020   Edi Prayitno
Pelaku UMKM keripik pisang raja nangka sedang memotong pisang untuk dibuat keripik. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

PATEBON, AYOSEMARANG.COM -- Olahan pisang bisa dijadikan sebagai makanan ringan favorit karena memiliki rasa yang manis dan renyah. Olahan pisang menjadi keripik misalnya, sudah menjadi makanan ringan yang disukai banyak orang.

Olahan pisang raja nangka Kendal misalnya yang dijadikan keripik sudah tembus pasar internasional hingga ke Jepang. Sentra industri keripik pisang ini berada di Desa Bangunsari Kecamatan Patebon, yang sebagian warganya membuat olahan pisang secara rumahan.

AYO BACA : Satpol PP Kendal Temukan 4 Merk Rokok Ilegal Selama 2020

Dita Ayu Fitriyani merupakan pengusaha muda yang baru menekuni usaha keripik pisang selama 2 tahun terakhir, dirinya mengaku jika sebelumnya hanya membuat cemilan dengan tujuan konsumsi mandiri.

“Buat keripik ini sebenarnya untuk dimakan sendiri sama disajikan kalau ada tamu, mulai nyoba dipasarkan sejak tamu sering bilang kalau keripik pisangnya gurih enak. Dari situ saya coba iseng untuk promo ke temen,” terang Dita Ayu Fitriyani.

AYO BACA : Dana Kampanye Pasangan NUrani Terbanyak di Pilkada Kendal

Hingga saat ini pemasaran keripik pisang yang dilakukan menggunakan sistem online dan pesanan dari teman masih dipertahankan. Tahun pertama bisnis pada 2018 dirinya untuk perhari hanya menghabiskan pisang sebanyak 5 kilogram, namun saat ini memasuki 2020 pihaknya mampu menghabiskan 30 hingga 40 kilogram/hari.

Pisang yang digunakan adalah Pisang Raja Nangka yang memiliki tekstur besar dengan ukuran dari 15 hingga 20 centimeter, dipilihnya pisang tersebut menurutnya pisang raja nangka mempunyai rasa manis yang bercampur asam.

“Biasanya pisang kapok atau pisang ambon, tapi ini saya pilih pisang raja nangka karena rasa asli dari pisang jika diolah keripik dan dikombinasi dengan manis atau gurih itu cocok,” jelasnya.

Saat ini olahan keripik pisang yang dibuatnya telah memiliki label dengan nama Keripik Pisang Al-Aqsa harga satuan dibandrol dengan harga RP13.000/250gram.

AYO BACA : Sedekaholic Kendal Wakaf 150 Al-qur\'an ke Masjid dan Musala


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar