Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bimbing Belajar Anak Panti Asuhan

  Selasa, 17 November 2020   Abdul Arif
Suasana bimbingan belajar bersama anak-anak Panti Asuhan Iskandariyah, Senin (16/11/2020).

AYOSEMARANG.COM -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN RDR) Ke-75 UIN Walisongo Semarang mengadakan Bimbel (Bimbingan belajar) untuk anak-anak Panti Asuhan Iskandariyah Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan pada Senin (16/11/2020).

Kegiatan ini merupakan salah satu program individu Tim KKN UIN Walisongo Semarang Posko 106 yang melakukan pengabdian di Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Kegiatan tersebut diadakan tiga kali dalam seminggu. Yaitu pada Senin, Selasa, dan Rabu mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Nimbingan belajar berlangsung selama masa bakti KKN

AYO BACA : Mahasiswa KKN UIN Walisongo Dampingi Lansia Mengaji di Perumahan Bank Niaga

Mahasiswa KKN Anjarwati mengatakan bimbingan belajar bertujuan membantu para siswa yang mengalami kendala dalam pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan itu sebagai motivasi anak-anak panti agar tetap semangat sekolah walaupun dengan keadaan yang serba online seperti ini, katanya.

Menurut Anjarwati, keluhan yang mereka alami di antaranya keterbatasan kuota internet atau jaringan yang kurang mendukung, dan materi yang disampaikan oleh guru melalui aplikasi (zoom atau classroom) tidak dapat dipahami secara jelas.

AYO BACA : Ngalah dan Pasrah dalam Konsep Moderasi Beragama

“Biasanya anak-anak berkumpul di aula panti untuk didampingi belajar mata pelajaran yang kurang dipahami, dan mengerjakan tugas-tugas sekolah yang lainnya,” ujar mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik itu, Senin (16/11/2020).

Kegiatan ini mendapatkan respons yang positif dari anak-anak Panti Asuhan Iskandariyah seperti yang dikatakan oleh Putri Afriliya salah satu anak MTs yang mengikuti bimbingan belajar. 

“Kegiatan bersama mbak-mbak KKN bermanfaat bagi kami karena saya dan teman-teman di Panti kadang mengalami kesulitan mengenai tugas-tugas yang diberikan oleh guru, terutama mengenai rumus-rumus menjadi sulit dan biasanya penjelasan melalui Google Classroom kurang dipahami,” ujar Putri.

Jumarni, pengurus panti sangat mendukung dan mengapresiasi semangat mahasiswa KKN yang telah berkenan membimbing anak-anak panti walaupun di tengah pandemi seperti ini.

“Semoga ilmu yang telah diberikan mbak-mbak KKN ini bermanfaat dan dapat dijadikan motivasi anak-anak untuk tetap semangat selama pembelajaran daring agar dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya,” ujar Jumarni.

Penulis: Amilatun Najikha

AYO BACA : Bakti Sosial, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bantu Masjid Cek Suhu Badan Jemaah

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar