Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, BMKG Imbau Tingkatkan Kewaspadaan

  Sabtu, 21 November 2020   Vedyana Ardyansah
Ilsutrasi cuaca ekstrem (AFP PHOTO / Frederic J Brown)

SEMARANG BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Prediksi akan terjadinya cuaca ekstrem sepekan depan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem.

AYO BACA : Sepekan ke Depan, BKMG Semarang Perkirakan Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lainnya. Dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ujar Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/11/2020).

AYO BACA : Analisis Roy Suryo, Video Porno Mirip Gisel Hasil Rekam Ulang

Selain itu, bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Ahmad Yani Semarang membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui sejumlah saluran. Beberapa diantaranya website http://www.cuacajateng.com.

"twitter @cuacajateng, IG : @cuaca_jateng, Facebook: Stasiun meteorologi ahmad yani semarang. Layanan  whatssap di 081329929789, dan aplikasi iOS dan android "Info BMKG"," imbuhnya.

Sebelumnya, dirinya menerangkan, dari hasil pantauan BMKG, terjadi kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan. Di mana hal tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. 

"Kondisi itu diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan," Katanya.

AYO BACA : Sejumlah Wilayah Jateng Diprediksi Alami Curah Hujan Tinggi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar