>

Muncul Klaster Covid-19 Ponpes dan Sekolah di Salatiga

  Rabu, 16 Desember 2020   Adib Auliawan Herlambang
Klaster covid-19 pondok pesantren. (dok)

SALATIGA, AYOSEMARANG.COM -- Muncul klaster pondok pesantren (Ponpes) dan klaster sekolah di Kota Salatiga. Kedua klaster tersebut menambah jumlah Kasus Covid-19 di Kota Salatiga meroket

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah mengungkapkan, klaster di lingkungan sekolah itu terjadi di SMAN 2 Salatiga.

“Total ada 14 orang dari SMAN 2 Salatiga yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Ke-14 orang itu terdiri dari staf pengajar (guru) dan staf tata usaha (TU),” tutur Zuraidah, dilansir Suara.com, Senin (15/12/2020).

Siti menambahkan diketahuinya 14 staf SMAN 2 Salatiga terpapar Covid-19 itu dari hasil tes polymerase chain reaction (PCR) dengan metode usap (swab).  

AYO BACA : Pemkot Salatiga Hitung Ulang Kapasitas Ruang Penanganan Covid-19

“Sebelum dilakukan tes PCR itu memang ada yang bergejala dan ternyata positif Covid-19. Setelah itu, kita lakukan tes PCR dan diketahui ada 14 orang yang positif dari sekolah itu,” tutur Siti.

Siti memastikan klaster sekolah di SMAN 2 Salatiga hanya menyerang para staf, dan bukan kalangan siswa. Hal itu dikarenakan sekolah tersebut hingga saat ini masih menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Sekolahnya memang belum buka. Jadi tidak ada siswa . Kemungkinan itu penularan setelah ada rapat,” jelasnya.

Sebelumnya Klaster penularan di lingkungan pondok pesantren atau ponpes di Kota Salatiga juga Kembali menambah daftar orang yang terkonfirmasi Covid-19.

AYO BACA : Artis Salshabilla Adriani Tabrak 2 Mobil Terparkir, Diduga Mabuk

Data yang dihimpun pada Minggu (13/12/2020) ada tambahan 102 pasien baru Covid-19 di Kota Salatiga. Dari jumlah sebanyak itu, 97 orang di antaranya berasal dari klaster pondok pesantren atau ponpes.

Dengan demikian, jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 dari klaster ponpes di Salatiga saat ini berjumlah sekitar 187 orang. Sebelumnya, atau pada Sabtu (12/13/2020) jumlah pasien Covid-19 dari klaster ponpes itu mencapai 90 orang.

Sementara itu, penambahan kasus Covid-19 di Kota Salatiga per Selasa ini mencapai 51 orang. Dari jumlah itu, sekitar 14 orang berasal dari klaster SMAN 2 Salatiga.

Dengan adanya penambahan 51 kasus itu, maka hingga saat ini jumlah kasus Covid-19 di Kota Salatiga mencapai 1.153 orang. Perinciannya, 364 orang masih menjalani isolasi, 765 orang dinyatakan sembuh, dan 24 orang meninggal.

“Hari ini ada penambahan 51 kasus. 14 kasus di antaranya dari SMAN 2 Salatiga. Kalau untuk yang di ponpes sudah enggak ada . Sudah kita tuntaskan .”

AYO BACA : Cegah Klaster Keluarga, Bertamu ke Kota Salatiga Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar