158.104 Bidang Tanah di Kendal Belum Terdaftar

  Rabu, 13 Januari 2021   Edi Prayitno
Sosialisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap tahun 2021 yang digelar BPN Kendal. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM - - Dari 558.325 bidang tanah di seluruh Kabupaten Kendal, setidaknya masih ada 158.104 bidang tanah yang belum terdaftar. Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal Priyanto menyampaikan, pihaknya di tahun 2021 kembali mendapatkan kuota 65.433 bidang tanah yang akan didaftarkan. 

"Perlu kita ketahui bahwa perkiraan bidang jumlah tanah di Kabupaten Kendal sekitar 558.325 bidang, dan sampai saat ini bidang tanah yang sudah terdaftar ada 400.221 bidang, sehingga ada 158.104 bidang yang belum terdaftar. Kemudian di tahun 2021 ini kami mendapatkan kuota 65.433 bidang tanah yang akan didaftarkan," jelasnya.

Priyanto juga berharap, dengan adanya sosialisasi ini, Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL tahun 2021 di Kabupaten Kendal dapat berjalan dengan baik. Ia berharap seluruh bidang tanah di wilayah Kabupaten Kendal ditargetkan rampung pada tahun 2023.

AYO BACA : Forkopimda dan Tokoh Agama Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi Anticovid-19 Kabupaten Kendal

Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kendal mendukung penu program PTSL Tahun 2021 di wilayah Kabupaten Kendal. 

"Pemkab Kendal sangat mendukung penuh adanya PTSL, karena jika program tersebut di Kendal sukses, maka akan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat, sebab sertifikasi memberikan kekuatan hukum atas hak milik tanah, tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, karena tanahnya bisa mereka jadikan tempat usaha, dan lain sebagainya. Selain itu berdampak pula pada peningkatan pendapatan asli daerah," tuturnya.

"Dalam kepenggurusan program PTSL ini adalah  gratis apa bila berkas pengajuan sudah Iengkap dan tinggal diajukan saja ke Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal. Saya berharap, agar program ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat Iuas sehingga masyarakat yang dahulu dapat berpikir bahwa kepengurusan tanah rumit dan mahal dapat dihilangkan," kata Wabub Masrur.

AYO BACA : Harga Rendah, Petani di Kendal Pilih Tanam Jagung Timbang Kedelai

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh jajaran aparatur pertanahan, baik camat, kepala desa dan semua pihak agar dapat bekerjasama dengan baik dalam mensukseskan Program sertipikat PTSL ini, dan memberikan arahan yang benar kepada warganya, dan membuat kesepakatan bersama. 

Hal itu menurutnya untuk menjaga semuanya dari tekanan siapapun, karena apa yang Iakukan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat, dan membuktikan bahwa semua dapat melayani profesional dan lebih baik dari sisi kualitas produk yang dihasilkan.

Kepala Desa Caruban Kecamatan Ringinarum, Diyah Tin Agustinah yang menjadi salah satu panitia pelaksana PTSL mengatakan, persyaratan mendaftar PTSL ini sangat mudah, dan pastinya akan sangat bermanfaat bagi warga. 

"Adanya PTSL ini sangat bermanfaat khusunya bagi warga. Di Desa Caruban sendiri kurang lebih ada 1100 bidang tanah yang ditargetkan, dan yang baru mendaftar ada 660 bidang tanah, sehingga kami dari Pemdes bersama tokoh masayarakat dan RT/RW terus menisolasikan PTSL agar bidang tanah warga semuanya bisa besertifikat," harapnya.

AYO BACA : Dispaperta Batang Kerja Sama Buka Lahan Demplot Bawang Merah dengan Eksportir


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar