>

Maknyus! Kedai di Kendal Sajikan Masakan Laut dengan Saus Pawon

  Sabtu, 16 Januari 2021   Edi Prayitno
Hidangan sea food di Pawon Mba Tin di Pujasera Grand Warna Agung Kota Kendal dengan saus pawon yang asam, manis dan pedas. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Menikmati masakan olahan laut mungkin sudah biasa dan banyak dijumpai. Namun hidangan laut di salah satu kedai makan di Kendal, berbeda dengan ditempat lain. 

Umumnya menggunakan saus padang atau asam manis, di Kedai Pawon Mba Tin ini menggunakan saus pawon yang lebih gurih dengan rempah yang kental.

Ada kepiting, berbagai macam kerang, udang dan cumi semuanya bisa diolah dengan macam-macam saus. Namun di kedai yang berada di Pujasera Grand Warna Agung Kendal ini yang menjadi favorit adalah saus pawonnya.

AYO BACA : Pandemi Covid-19, Kedai Ini Persilahkan Makan Sepuasnya Bayarnya Semampunya

Saus yang dibuat dengan bumbu dan rempah yang beraneka macam membuat olahan sea food ini tidak terasa amis dan rasa perpaduan pedas, asam dan manis nya seimbang sehingga menambah cita rasa olahan makanan laut ini. Adalah Eti Naulia Sawitri, pemilik Pawon Mba Tin yang meracik bumbu rahasia saus pawon. 

Dengan berbagai macam rempah dan campuran saus tomat dan cabai yang seimbang, menjadikan olahan masakan laut ini favorit bagi pelanggan. 

“Yang favorit memang saus pawon karena rasanya berbeda dengan hidangan laut lainnya. Lebih kental dan perpaduan manis dan asam serta pedasnya seimbang,” ujarnya.

AYO BACA : ACT Jateng Gencarkan Gerakan Bangkitkan Sejatinya Bangsa di 2021

Eti yang memulai membuka usaha kuliner masakan laut lewat online ini, berani membuka kedai setelah banyak pelanggan yang penasaran dengan saus pawon nya. Istri dari Muhammad Khidad ini akhirnya membuka kedai untuk memuaskan selera pecinta masakan laut.

“Ada kepiting, macam-macam kerang, udang dan cumi. Untuk olahan ikan kita belum bisa melayani ,” imbuhnya.

Menurut pelanggannya, hidangan masakan laut dengan saus pawon memang berbeda dengan olahan serupa. Jika ditempat lain masih ada aroma amis dan bumbu cenderung encer, di Pawon Mba Tin ini lebih kental meski tidak ditambah dengan tepung.

“Kalau sausnya memang berbeda lebih enak ini karena rasanya tambah nikmat, asam manis dan pedasnya seimbang. Saya lebih suka kerangnya karena berbagai macam dan tidak amis,” jelas Fatiyhatul Lutvian.

Pelanggan bisa memilih masakan laut ini dicampur atau tidak, ada paket jomblo yakni mix kerang dengan harga Rp20.000. ada juga paket PDKT yang bisa dinikmati berdua Cuma Rp40.000 atau paket mesra yang sudah ada campuran kerang dan kepiting dengan bandrol Rp53.000. Sedangkan untuk  keluarga bisa memilih paket keluarga dengan hidangan kepiting dan kerang untuk 5 orang.

AYO BACA : Angkat Kopi Kendal, Independent Coffee Gelar Lomba Racik Kopi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar