>

Cuaca Mendung, Warga Dinar Indah Meteseh Takut Banjir Susulan

  Senin, 18 Januari 2021   Afri Rismoko
Armada besar terperosok di jalur akses utama RT 6 RW 26 Klaster Dinar Indah, Meteseh, Senin (18/1/2021). (Ayosemarang.com/Afri Rismoko)

TEMBALANG, AYOSEMARANG.COM -- Sejumlah warga  RT 6 RW 26 Klaster Dinar Indah masih bersiaga meski saat ini banjir yang menerjang, Minggu (18/1/2021) malam sudah mulai surut.

Warga waspada lantaran cuaca saat ini, Senin (18/1/2021), masih mendung.

Pantauan Ayosemarang.com, sejumlah warga dibantu personel BPBD, PMI, Damkar dan relawan membersihkan lumpur. Sejumlah armada berat tidak bisa masuk karena jalur akses ada yang ambles.

AYO BACA : Semarang Kaline Banjir, Dinar Indah Meteseh Klelep

Ketua Kelompok Siaga Bencana Kelurahan Meteseh, Sardi menerangkan sebagian warga yang sempat mengungsi sudah kembali dan membersihkan rumah masing-masing. Ia menerangkan hingga saat ini pembersihan lumpur baru sekitar 10 persen karena terkendala alat berat.

“Jalur masuk ada yang ambles jadi armada besar tidak bisa masuk. Yang bisa masuk Cuma armada keci,” ujarnya, Senin (18/1/2021).

Ia mengatakan, banjir disebabkan karena air meluap melebihi tanggul. Dari BPBD saat ini sudah mempersiapkan karung berisi pasir untuk mengantisipasi banjir susulan.

AYO BACA : Segera Dibuka, Ini Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Tahun 2021

“Warga masih waspada cuaca tidak bersabahat. Pembersihan lumpur juga belum apa-apa baru 10 persen karena terkendala alat berat tidak bisa masuk,” imbuhnya.

Kusrin, Camat tembalang menjelaskan, bahwa banjir terjadi akibat hujan deras di daerah Kabupaten Semarang yang membuat Kali Babon yang mengalir di Kelurahan Meteseh meluap.

Di lain sisi, bronjong (pondasi batu yang disusun menggunakan kawat baja) dinilai Kusrin kurang tinggi, sehingga saat sungai meluap, air meluber hingga masuk ke perumahan Dinar Indah.

"Tadi saya berkoordinasi dengan Dinas PU Kota Semarang untuk meminta meninggikan bronjong itu," ujar Kusrin.

Kusrin melaporkan sudah ada bantuan dari Wakil Wali Kota Semarang, Herviarita Gunaryati, sejumlah nasi bungkus dan pendirian dapur umum.

 "Tadi Bu Wakil (Wakil Wali Kota Semarang) sudah membantu nasi bungkus dan dapur umum," jelas Kusrin.

AYO BACA : Hujan Deras, Mangkang Wetan Diterjang Banjir


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar