>

8 Ide Usaha yang Layak Dicoba, Cocok untuk Kamu yang Masih Kuliah

  Senin, 18 Januari 2021   Abdul Arif
8 Ide usaha yang layak dicoba,cocok untuk kamu yang masih kuliah. (istimewa)

AYOSEMARANG.COM -- Kuliah sambil usaha? kenapa tidak ?

Sebagai anak muda atau mahasiswa  pasti kamu pernah memiliki keinginan untuk menjalankan usaha sampingan, karena sebagai mahasiswa kamu tidak cuma dituntut untuk belajar saja , tapi kamu juga dituntut untuk kreatif dan inovatif. Memulai usaha dimasa muda,selain bisa mendapatkan tambahan uang saku kamu juga bisa mendapatkan pengalaman loh,dan yang paling penting adalah membantu meringangkan beban orang tua.

Namun sayangnya gak semua usaha bisa dijalankan bagi kamu yang masih kuliah , hal ini dikarenakan berbagai macam alasan seperti jam kuliah yang padat dan kesibukan mengerjakan tuga-tugas. Kendala lainnya adalah tidak meiliki modal.

Terus gimana dong caranya agar bisa menjalankan usaha sembari kuliah tanpa mengganggu perkuliahan ? Tenang,kamu gak usah bingung dan khawatir diartikel ini akan memberikan  “ 8 Ide usaha  yang layak dicoba,cocok untuk kamu yang masih kuliah” tanpa mengganggu aktivitas kuliah dan yang pastinya dengan modal yang minim ,bahkan modal nol rupiah. Yuk disimak sampai habis .

  1. Online Shop

Pngtree

Sekarang ini lagi popoler banget usaha online shop. Selain karena modal yang minim,waktunya juga sangat fleksibel loh. Caranya adalah memanfatkan marketplace atau platform e-commerce yang sudah ada. Bisa juga memanfaatkan sosial mediamu untuk berjualan.  Kamu bisa menjual berbagai barang seperti pakaian, kosmetik , casing ,atau produk-produk yang kamu buat sendiri. Jika kamu belum mempunyai modal, kamu bisa memulai usaha dengan sistem reseller dan dropship.

  1. Menjual hasil karya atau kerajinan tangan

Pinterest

AYO BACA : BLT UMKM Tahap 2 Cair Pekan Ini, 3 Juta Pelaku Usaha Siap Menerimaada URL https://ayosemarang.com/read/2020/10/09/65049/blt-umkm-tahap-2-cair-pekan-ini-3-juta-pelaku-usaha-siap-menerima Penulis: Adib Auliawan Herlambang Editor : Adib Auliawan Herlambang

Buat kamu yang hobby  membuat kerajinan tangan atau karya-karya kreatif bisa banget nih kamu jadikan lahan bisnis. Misalnya dengan membuat karya aestetic yang lagi hitz untuk dekorasi rumah seperti macrame , vas bunga, lukisan aestetich dll. Kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas disekitar kamu loh. Banyak tuttorial dan sumber inspirasi  yang bisa kamu lihat diinternet. Bisa dimulai dengan menawarkan keorang-orang terdekat kamu,selanjutnya bisa kjamu jual melalui media sosial,marketplace atau platform e-commerce.

  1. Membuka jasa editing video dan desain grafis

Pinterest

Usaha yang layak untuk kamu coba selanjutnya adalah menjadi editing video atau desain grafis. Usaha satu ini hanya memerlukan kreatifitas dan komputer/laptop. Pada saat ini kebutuhan konten semakin beragam mulai dari kebutuhan bisnis ataupun individu seperti video kreatif untuk promosi produk, video pernikahan,video untuk konten youtube, desain undangan,desain poster,desain merchaindes,desain logo atau banner dan sebagainya. Nah kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu kuliahmu karena bisa dilakukan dirumah.

  1. Baju bekas/ preloved baju

Pinterest

Menjual baju bekas juga salah satu solusi usaha untuk kamu yang masih kuliah. Pertama kumpulkan baju-baju kamu atau baju dari keluarga yang sudah tidak dipakai.Tapi harus dalam kondisi yang masih bagus dan layak untuk dijual kembali ya. Cuci dan setrika baju bekasmu agar rapi dan bersih lalu dilanjutkan dengan sesi foto. Buat foto dan konsep semenarik mungkin. Kamu juga bisa memasarkan lewat market place dan sosial media menggunaan deskripsi yang jelas.Tentukan harga dan gunakan hastag sesuai dengan jenis pakaian yang kamu jual .

  1. Penulis Freelance 

Pinterest

Jaman sekarang banyak situs atau web yang menerima tulisan dari penulis freelance. Usaha ini gampang dikerjakan dan tentunya tanpa modal. Nah ini bisa kamu manfaatin untuk kamu yang hobi menulis dan banyak mempunyai ide-ide. Selain bisa menuangkan hasil tulisan , kamu juga mendapatkan bayaran. Wah enak ya dapat dua keuntungan sekaligus.

  1. AYO BACA : Jatuh Bangun Usaha Rumah Arwah Ong, Bertahan hingga 4 Generasi

    Menjual makanan

Pinterest

Nah buat kamu yang tinggal dI kos-kosan dan hobi masak , coba deh mulai sekarang tawarkan ke teman-teman satu kosan dengan menu yang berbeda-beda setiap hari. Karena rata-rata anak kosan malas untuk memasak sendiri. Kamu bisa manfaatkan peluang ini. Selain modalnya yang kecil dan mendapat untung kamu juga bisa menikmati masakanmu sendiri loh.

  1. Makeup 

Pinterest

Apakah kamu punya hobi makeup dan perlengkapan makeup ? jadikan saja hobimu ini bisnis. Dapat mulai dari mendandani temen kamu yang akan pergi kencan,atau orang-orang sekelilingmu yang akan wisuda atau mau kekondangan. Untuk permulaan jangan pasang tarif yang mahal ya. Nanti setelah usaha kamu ini berkembang baru deh kamu bisa menaikan tarif. 

  1. Shoes cleaning

Pinterest

Dijaman modern ini banyak masyrakat yang menggandrungi sneakers berharga tinggi. Ini bisa jadi kesempatan kamu yang masih kuliah untuk membuka jasa shoes celaning.  Kamu bisa melihat caranya di intrnet  dan apa saja bahan-bahan yang digunakan. Selain menerima  jasa untuk shoes cleaning, kamu juga bisa menjual produk-produk pembersih tersebut .

Nah dari 8 Ide usaha diatas mana nih yang akan kamu coba dan yang kira sesuai kriteria kamu ?

Penulis: Netta Adi Kristy, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus 

 

AYO BACA : Kisah UKM di Semarang yang Berjuang di Tengah Pandemi

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar