>

Bantu Siswa yang Kesulitan, Mahasiswa KKN MIT-DR Kelompok 41 Adakan Kegiatan Bimbingan Belajar

  Jumat, 05 Februari 2021   Abdul Arif
Kegiatan Bimbingan Belajar Kelompok 41 KKN MIT-DR 2021 UIN Walisongo Semarang. (dok)

AYOSEMARANG.COM -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Intensif Terprogram dari Rumah (MIT-dR) kelompok 41 Universitas islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang adakan kegiatan bimbingan belajar selama masa KKN mulai tanggal 11 Januari hingga 18 Februari 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah KKN, yaitu Dusun Mangir, Desa Purwogondo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, dan diikuti oleh beberapa siswa sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP). 

Kegiatan ini dilakukan akibat adanya pandemi, semua sekolah menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), namun beberapa siswa mengeluhkan kesulitan dalam pemahaman materi selama PJJ. Sehingga mahasiswa KKN mencoba membantu masyarakat dalam aspek pendidikan melalui program kerja kegiatan bimbingan belajar yang menjadi sarana siswa untuk belajar langsung dengan mahasiswa.

AYO BACA : Program Jateng di Rumah Saja, Begini Tanggapan Pedagang Pasar Karimata

Tak hanya siswa, orang tua selaku pendamping selama pelaksanaan PJJ di rumah pun merasa kewalahan karena harus lebih ekstra membantu anak-anaknya selama belajar. Terlebih lagi pada anak-anak jenjang SD, dimana orangtua yang harus memahami dan menjelaskan kepada anaknya secara langsung. Sehingga dengan adanya kegiatan bimbingan belajar akan sangat menguntungkan karena mahasiswa membantu untuk memberi pemahaman, penjelasan, dan bantuan pada tugas sekolah.

“Sebagai ibu rumah tangga, selama PJJ saya merasa sangat repot karena harus senantiasa mendampingi dan membantu dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah padahal masih banyak kerjaan di rumah, dengan bantuan mahasiswa KKN ini tentunya sangat terasa karena sedikit meringankan beban saya dan dapat membantu anak-anak,” jelas ibu Suprih, salah satu orangtua siswa.

AYO BACA : Kyai Munif Zuhri Ajak Pesantren Dukung Gerakan Jateng di Rumah Saja

Adanya kegiatan bimbingan belajar ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sarana yang dilakukan mahasiswa untuk mengabdi selama KKN, ilmu yang telah didapat selama kuliah dapat disalurkan langsung melalui kegiatan ini. Selain itu, dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan dapat membantu siswa dan orang tua yang kesulitan baik dalam pemahaman materi, kekurangan sarana prasarana, serta pengerjaan tugas yang diberikan.

“Kami harap dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Dusun Mangir khususnya dalam bidang Pendidikan, karena kami paham selama PJJ pasti terdapat kekurangan yaitu salah satunya kurangnya pemahaman siswa akibat pembelajaran yang tidak langsung tatap muka, sehingga dengan adanya kami diharapkan dapat membantu,” ungkap Yudha Wahyu Purnomo, Koordinator KKN MIT-dR kelompok 41.

Penulis: Dita Aulia Wijayanti, Mahasiswa KKN MIT-dR UIN Walisongo Semarang

AYO BACA : BKIPM Semarang Gelar Razia Kandungan Formalin dan Bakteri

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar