>

Melalui Penyuluhan Kesehatan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berupaya Mencegah Anemia Pada Remaja

  Kamis, 18 Februari 2021   Abdul Arif
Melalui Penyuluhan Kesehatan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berupaya Mencegah Anemia Pada Remaja. (dok)

AYOSEMARANG.COM -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) XI Kelompok 57 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema Remaja Bebas Anemia, Kamis (18/02/2021).

Kegiatan penyuluhan yang diadakan di balai desa Sukolilan, Kendal ini di ikuti oleh perwakilan karang taruna dan perwakilan IPNU IPPNU desa Sukolilan. Penyuluhan ini diisi oleh Fadhilia Adisti dan Ike Yustia Wulandari mahasiswa gizi UIN Walisongo.

Koordinator Desa, Achmad Supriyanto mengatakan bahwa acara ini merupakan inisiatif dari teman-teman KKN  dan juga menjadi salah satu program kerja utama kelompok.

Ia menambahkan acara tersebut dibuat karena melihat banyaknya kasus anemia pada remaja. 

Seperti yang kita tahu, banyak remaja yang mengeluh merasa mudah lelah dan pusing berkunang-kunang. Nah ini harus diwaspadai bisa saja tanda ini menunjukan adanya anemia kerena kekurangan zat besi, ucap Supri.

Mahasiswa yang juga pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Mahasiswa Kendal (IMAKEN) ini berharap agar acara ini bisa mengedukasi akan pentingnya pencegahan anemia.

Dengan acara ini, semoga masyarakat terutama remaja lebih bisa mengerti apa itu anemia, penyebab anemia, bahayanya anemia, serta pentingnya mencegah  anemia, kata Supri.

Ike Yustia Wulandari selaku pemateri mengatakan, anemia dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bervariasi yang kaya akan zat besi dan menghindari minum teh, kopi, dan coklat bersamaan dengan makan, karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Walau pun kita sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, tapi untuk remaja putri dianjurkan untuk minum tablet besi pada saat menstruasi, kata Ike Yustia Wulandari.

Penulis: Wahyu Ilma Rosyida

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar