>

Disnakertrans Batang: Catat Pengangguran Terbuka Capai 26 Ribu orang

  Senin, 22 Februari 2021   Muslihun
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi(Disnakertrans) Kabupaten Batang, Suprapto. (dok)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Batang, Suprapto  menyatakan berdasarkan data statistik pengangguran terbuka dari kurun waktu tahun 2019 hingga 2020 mencapai 26 ribu orang penganggur. 

Menyikapi hal tersebut dan untuk menyiapkan calon tenaga kerja di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Pihaknya telah mendata melalui situs Batang Karir sebanyak 16.755 orang pencari kerja. 

AYO BACA : Ganjar Minta Vaksinasi Gelombang Kedua Lebih Cepat

“Dari 16.755 orang yang sudah memasukan data pencari kerja melalui aplikasi Batang Karier yang berbasisi website ada 4.288 orang. Ini data riil pencari kerja by name by address, sehingga masih ada sekian ribu yang belum tahu data orangnya dimana,” katanya.

Dijelaskannya, aplikasi Batang Karir akan mengengetahui secara statistik jenis kelamin, jenjang pendidikan, ketrampilan, usia dan domisilinya.

AYO BACA : Ini Hal yang Dibahas dalam FGD Pesantren dan Perguruan Tinggi

“Aplikasi Batang Karir ini untuk menyajikan data base pencari kerja untuk KIT Batang dan perusahaan baru. Ini sudah kita sosialisaikan agar masyarakat segera memasukan datanya,” kata Suprapto.

Keuntungan pencari kerja memasukan data di aplikasi Batang Karir, kata dia, bisa mencetak Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang berisi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

“Dalam Batang Karir juga ada data tes psikologi untuk menentukan pekerjaan yang pas di bidangnya,” kata Suprapto.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi tersebut juga ada informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan baru yang berdiri di Batang.

“Jadi data pencari kerja akan kami masukan ke perusahaan yang mencari calon pekerja.  Seperti perusahaan Batang Apparel sekitar ratusan sudah dipekerjakan disana,” pungkasnya.

AYO BACA : Malam Minggu, TNI/Polri Bersama Sejumlah Komunitas Gelar Baksos


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar