>

Ini Penyebab Menstruasi Jadi Lama

  Jumat, 26 Februari 2021   Fitria Rahmawati
ilustrasi menstruasi/ halodoc

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM - Dikutip dari Glamour, dokter spesialis kandungan dr Sherry Ross, MD mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan lama kejadian menstruasi pada perempuan berbeda-beda. Siklusnya sendiri bervariasi antara 26 higga 28 hari sekali, dengan lama menstruasi 3 hingga 7 hari.

Perbedaan tersebut tergantung pada kondisi tubuh masing-masing perempuan. Namun, jika lama menstrulasi terlalu panjang, atau lebih dari sepekan menstruasi dan terjadi selama tiga bulan berturut, maka sebaiknya langsung konsultasikan diri ke dokter.

Dokter Ross mengungkapkan beberapa kemungkinan yang menyebabkan haid berlangsung lebih dari sepekan.

1. Gangguan hormon

Sindrom ovarium polikistik, atau PCOS, tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif dan gangguan lain yang mengacaukan kadar hormon seks dapat menyebabkan menstruasi jadi lebih lama, lebih berat, atau tidak teratur, kata Ross.

Jika menstruasi tidak normal atau berubah secara signifikan, sangat disarankan untuk segera periksa ke dokter.

2. Penggunaan obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti tiroid, steroid, dan antipsikotik, juga dapat mengganggu kadar hormon. Jika mengonsumsi salah satu obat itu, pastikan meminumnya dengan benar, dan bicarakan dengan dokter tentang alternatif jika masalah berlanjut.

3. Perubahan berat badan

Jika mengalami menstruasi yang lebih lama dari biasanya dan berat badan baru-baru ini bertambah, itu bisa menjadi indikasi bahwa menyebabkan siklus haid, kata Dr. Ross.

Lemak tubuh yang meningkat menyebabkan tingkat estrogen yang lebih tinggi dan dapat membuat menstruasi lebih lama dan lebih berat.

4. Stres

Stres dapat memengaruhi siklus menstruasi dengan segala cara yang memungkinkan. Kadang-kadang dapat menyebabkan menstruasi berhenti sama sekali.

Tapi di lain waktu, itu bisa membuat menstruasi lebih lama atau lebih berat atau menyebabkan pendarahan di tengah siklus.

5. Terkena hormon estrogen dari lingkungan

Periode yang lama biasanya terjadi karena dominasi estrogen atas progesteron dalam tubuh, jelas dokter Lorraine Maita, MD. Tetapi estrogen di luar tubuh, seperti yang ditemukan dalam plastik, pestisida, dan daging dengan tambahan hormon, dapat memiliki efek yang sama.

Untuk mengekang efek estrogen lingkungan, makan makanan tinggi serat yang mencegah kelebihan estrogen diserap dan menghasilkan produk tanpa pestisida. Juga daging dan susu bebas hormon dan bebas antibiotik jika memungkinkan.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar