>

4 Olahan Minuman Herbal Tradisonal Penambah Imunitas Tubuh

  Senin, 15 Maret 2021   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi jamu temulawak. (downshiftology)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Sistem imun merupakan salah satu hal yang dapat kita andalkan di tengah pandemi. Tubuh manusia memiliki kekebalan yang kuat dan dapat melawan virus dan berbagai zat berbahaya lainnya.

Ada banyak cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi minuman tradisional.

Tubuh harus memiliki sistem imun yang mengelola daya tahan tubuh. Namun faktor-faktor seperti usia, gaya hidup, status kesehatan dan penggunaan obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi tingkat imunitas.

Dengan memanfaatkan rempah rempah, secara alami dapat menjaga sistem kekebalan tetap optimal.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah, jadi bukan hal yang sulit untuk membuat minuman tradisional penambah imunitas tubuh. Gunakan saja rempah-rempah yang mudah dijumpai di pasar seperti jahe, temulawak, kayu manis atau bumbu dapur lainnya.

Dengan harga yang murah meriah, bahan alami tersebut juga tak kalah memiliki khasiat tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh.

AYO BACA : 5 Tanda Imunitas Tubuhmu dalam Kondisi Lemah

Berikut 4 olahan minuman herbal serta manfaatnya untuk imunitas tubuh.

1. Jamu Temulawak

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza Roxb merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai obat-obatan yang tergolong dalam suku temu- temuan (Zingiberaceae). Salah satu kandungan terbanyak yang dimiliki tumbuhan temulawak ialah pati, pati temulawak mengandung kurkuminoid yang membantu proses metabolisme dan fisiologis organ badan. Selain memiliki sifat antioksidan, temulawak juga bersifat antiradang.

2. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman penghangat yang berbahan dasar tanaman herbal bernama jahe. Selain jahe, ditambahkan kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, serai, kapulaga, gula batu atau gula pasir. Jahe dan kapulaga pada wedang uwuh dapat memberikan rasa hangat pada tubuh, sehingga minuman ini cocok diminum pada saat hari hujan atau saat bersantai di sore hari.

Sudah banyak diketahui bahwa penggunaan berbagai ramuan dalam wedang uwuh memiliki khasiat yang tak terhitung jumlahnya bagi tubuh manusia. Secara keseluruhan, wedang uwuh dapat mengobati penyakit seperti batuk, pilek, perut kembung, pegal linu, serta menyegarkan tubuh.

AYO BACA : Kafe Arah Awan, Sajikan Pemandangan Senja dari Ketinggian

3. Teh Jahe Merah

Jahe merah mengandung senyawa bermanfaat seperti shogaol, gingerol, zingeron dan sebagainya. Tak heran jika mengandung zat aktif yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, manfaat jahe merah dan madu merupakan ramuan yang sangat digemari. Jahe merah paling sering diolah menjadi minuman yang dapat menghangatkan badan ketika cuaca hujan.

Jahe merah telah banyak digunakan sebagai obat tradisional, tidak heran jika jahe merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat jahe merah bagi kesehatan meliputi peluruh kentut (karminatif), antimuntah, pereda kejang, antipengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, antiperadangan, antimikroba dan parasit, antipiretik, antirematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.

4. Rebusan jahe, serai, dan kunyit

Campuran rebusan jahe, serai, dan kunyit ini sempat ramai saat awal munculnya virus corona. Minuman ‘anti-corona’ yang identik dipanggil empon-empon ini merupakan jamu tradisional yang terbuat dari rempah-rempah Indonesia. Umumnya, air rebusan terdiri dari jahe, serai, temulawak, kunyit atau bahkan tambahan kencur. Selain untuk menjaga kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh, minuman herbal ini juga memiliki khasiat lain, seperti melegakan tenggorokan dan pernapasan, membuat tidur lebih nyenyak, hingga mengurangi perih di perut. (Wahyu Krisna)

 

 

AYO BACA : Imun Muncul 28 Hari Setelah Suntikan Vaksin Kedua


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar