>

57 Karya Kartunis Ramaikan Pameran 'Ora Mung Nyengenges'

  Kamis, 08 April 2021   Vedyana Ardyansah
Sejumlah pengunjung melihat karya kartunis di pameran

NGALIYAN, AYOSEMARANG.COM -- Sebagai bentuk penghormatan kepada budayawan Prie GS, sebanyak 57 kartunis di Indonesia menggelar pameran kartun bertema "Ora Mung Nyengenges".

Beberapa kartunis kondang seperti Jitet Kustana, Agus Harsanta, Edi Darma, Agus Widodo, Joko Susilo dan beberapa kartunis lainnya terlihat ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Panitia pameran, Abdullah Ibnu Thalhah mengaku bangga bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut. Menurutnya, Prie Gs merupakan sosok yang spesial bagi dirinya.

AYO BACA : Bupati Dico Minta Relokasi Korban Kebakaran Maksimal Dua Pekan Selesai

"Bagi kami, sosok Prie Gs adalah guru sekaligus sahabat. Hubungan UIN Walisongo dan mas Prie juga dekat ya, beberapa kali beliau hadir di sini menjadi penyemangat bagi teman-teman UIN. Alhamdulillah hari ini kita bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, pameran seni rupa merupakan pilihan cerdas dan estetis dalam rangka sebagai bahasa menghormati sosok Prie Gs.

"Bahasa visual melalui kartun ini saya kira sangat mewakili mengingat sosok beliau yang juga seorang kartunis," ungkapnya.

AYO BACA : Masjid Sholeh Darat, Peninggalan Ulama Besar Semarang

Sementara itu, Ketua Gold Pencil, Abdul Arif menerangkan, kartunis yang terlibat dalam pameran tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya dari Kota Semarang, Kendal, Jakarta, Makassar, Bali, Jambi dan daerah lainnya.

"Pameran  ini kita gelar di galeri Nusantara Kampus II UIN Walisongo Semarang mulai 8-18 April 2021. Bagi siapa saja yang ingin melihat pameran ini bisa datang di saat jam kerja," katanya.

Abdul menambahkan, tema “Ora Mung Nyengenges" diambil dari sifat Prie Gs saat memberikan saran dan masukan yang tidak pernah melukai seseorang.

"Nyengenges juga bentuk dari menghadapi sesuatu hal dengan tidak terlalu kaku. Tetapi dengan humor tapi bisa diterima orang lain," ucapnya.

AYO BACA : Ganjar: Kebutuhan Pokok saat Ramadan Aman


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar