>

Masuk Ramadan, At Tauhid Semakin Pertebal Keimanan Eks Pecandu Narkoba

  Kamis, 08 April 2021   Audrian Firhannusa
Pondok Rehabilitasi At Tauhid akan semakin mempertebal keimanan eks pecandu narkoba. (AYOSEMARANG.COM/ Audrian Firhannusa)

GAYAMSARI, AYOSEMARANG.COM -- Masuk bulan Ramadan 2021, Pondok Rehabilitasi AtTauhid semakin mempertebal keimanan untuk membantu penyembuhan pasien eks pecandu narkoba.

Manajer program At Tauhid Singgih Pradipta, menyampaikan jika di pondok pesantrennya pasien eks pecandu narkoba akan diajak melakukan sejumlah kegiatan keagaman. Seperti pengajian rutin, tadarus, kemudian ada Mujahadah.

AYO BACA : Sembuhkan Pecandu Narkoba, At Tauhid Pakai Metode Terapi Listrik dan Mandi Malam

“Kami pertebal keimanan saja. Kan momennya pas dan baik buat para eks pecandu,” ujar Singgih.

Kemudian untuk perkara puasa, Singgih menyadari betul orang-orang yang datang ke pondoknya. Oleh karena itu dia tidak memaksa bila ada yang tidak kuat.

AYO BACA : Waktu Imsakiyah Berbeda, Ganjar Bakal Undang MUI hingga Ormas Islam

“Tapi ya tetap, saya minta untuk melakukan puasa. Meskipun tidak full satu bulan,” terangnya.

Selain mempertebal keimanan, Singgih juga akan mengajak para pasien ek-pecandu narkoba ini untuk melakukan kegiatan sosial. Untuk tahun ini At Tauhid akan bagi-bagi takjil. Biasanya sasarannya adalah di lampu merah.

Agenda ramadhan di At Tauhid ini tidak berlangsung saat bulan puasa saja, tapi sebelumnya juga sudah dilakukan. Misalnya saja pada beberapa waktu yang lalu malam Nifsu Sya’ban mereka melakukan pengajian Manakib dan mandi malam.

Setelah melakukan ritual itu, para anggota pondok melakukan ziarah ke makam wali dan kyai besar yang ada di Kota Semarang dan kabupaten. Misalnya saya Kiai Haji Soleh Darat, Kiai Saridin atau Mbah Syech Jangkung, kemudian Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, dan beberapa Kiai lainnya di Purwodadi.

“Tidak lupa juga ke makam KH Muhammad Sastro Sugeng Al Haddad sebagai pendiri pondok pesantren ini atau ayah saya,” tutup Singgih.

AYO BACA : Masjid Sholeh Darat, Peninggalan Ulama Besar Semarang


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar