>

Digelar Sore Ini, 3 Tahapan Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 1442 H

  Senin, 12 April 2021   Adib Auliawan Herlambang
kemenag menggelar Sidang Isbat awal Ramadan 1442 H akan digelar pada, Senin, 12 April 2021. (istimewa)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Kementerian Agama (kemenag) menyampaikan bahwa Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H akan digelar pada, Senin, 12 April 2021.

Pengumuman Hasil Sidang Isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI (TV Pool), RRI, serta website dan youtube Kemenag. Karena masih dalam suasana pandemi, maka pihak Kemenag memfasilitasi TV Pool untuk peliputan media.

Direktur Urusan Agama Islam Kemenag, Agus Salim menyebutkan, bahwa Sidang Isbat akan digelar dalam 3 tahapan, dimulai pada pukul 16.45 WIB.

AYO BACA : Jadwal dan Lokasi Pemantauan Hilal dari Aceh hingga Papua

Berikut 3 tahapan pelaksanaan Sidang Isbat 1 Ramadan 1442 H:

- Pada pukul 16.45 WIB, akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Sesi ini akan disiarkan secara langsung melalui tayangan televisi.

- Yang kedua, setelah salat Maghrib, akan digelar Sidang Isbat awal Ramadan. Tahap ini akan digelar secara tertutup.

AYO BACA : Kawal Larangan Mudik 2021, Polda Jateng Siapkan Posko di 14 Titik Perbatasan

- Dan yang ketiga, akan digelar konferensi pers penyampaian hasil sidang isbat oleh Menteri Agama.

Pelaksanaan sidang isbat di antaranya akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan juga undangan lainnya.

Selain itu juga akan hadir perwakilan ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis, dan juga Al Washliyah. Kemenag menyebutkan, bahwa  pemantau hilal akan diturunkan di 86 lokasi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Sidang Isbat akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag Jakarta. Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, bahwa Sidang Isbat akan digelar secara daring dan luring karena masih pandemi Covid-19.

AYO BACA : Sidang Isbat Ramadan 2021 Digelar 12 April


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar