>

Ini Resep dan Cara Membuat Bubur India Masjid Jami Pekojan

  Rabu, 14 April 2021   Audrian Firhannusa
Bubur India bisa disajikan dengan bermacam lauk dan sayuran seperti sambal goreng ati, sambal goreng ayam, kare, atau gulai. Kemudian ada juga telur rebus di atasnya. (Ayosemarang.com/Audrian Firhannusa)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Juru masak Bubur India Masjid Jami Pekojan, Ahmad Ali mengatakan, resep Bubur India sudah didapat secara turun-temurun. Ali merupakan generasi keempat pemegang resep Bubur India.

“Ya saya sudah harus menurunkan resep ini biar ada regenerasi,” cerita Ali ketika ditemui Ayosemarang, di Masjid Jami Pekojan, Petolongan, Kota Semarang, Selasa 13 April 2021.

Meskipun resep turun-temurun, Ali tidak pelit untuk memberi tahu apa saja bumbu dan bahan dari Bubur India. 

AYO BACA : Sejarah Bubur India Masjid Jami Pekojan, Resep Turun-temurun Pedagang India

Ali menjabarkan, Bubur India terdiri dari berbagai rempah seperti serai, salam, daun bawang, seledri, kayu manis, santan, bawang putih, iga sapi, dan sengkel sapi untuk kaldu.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Rempah-rempah tersebut direbus dalam kuali besar terlebih dahulu. Baru setelah aromanya timbul, masukkan beras sebanyak 23 kg.

“Beras ini nantinya untuk 500-an porsi,” tambahnya.

AYO BACA : Berkah Ramadan, Piaggio Indonesia Beri Diskon Vespa hingga Rp9 Juta!

Ali menjelaskan, memasak Bubur India perlu 3 jam. Saat sudah tercampur, beras dan bumbu harus diaduk selama 1 jam dan tidak boleh berhenti. Lalu 2 jam selanjutnya menunggu Bubur India matang.

“Bagian ini adalah proses terpenting,” terangnya.

Setelah matang, Bubur India bisa disajikan dengan bermacam lauk dan sayuran seperti sambal goreng ati, sambal goreng ayam, kare, atau gulai. Kemudian ada juga telur rebus di atasnya.

Saat dihidangkan untuk menu berbuka, biasanya ditambahi minuman berupa teh atau susu. Dulu ada air zam-zam, tapi karena pasokannya disetop oleh Pemerintah Arab Saudi, maka digantikan dengan susu.

AYO BACA : Sempat Terhenti, Masjid Jami Pekojan Kembali Sajikan Bubur India saat Ramadan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar