>

Waspada Pemanis Buatan pada Kurma, Perhatikan Tips Ini Sebelum Membeli

  Kamis, 15 April 2021   Ade Lukmono
Ilustrasi memilih kurma yang baik (pixabay)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Masyarakat wajib waspada pada pedagang nakal yang menambahkan pemanis buatan pada kurma.

Selain rugi karena tidak mendapatkan kualitas kurma yang bagus, adanya pemanis buatan tentu merugikan kesehatan.

Dilansir Suara.com, jaringan AyoSemarang.com, berikut ini tips agar terhindar dari kurma yang mengandung pemanis buatan.

Perhatikan kurma yang dibiarkan di tempat terbuka. Jika banyak terdapat semut yang mengerubuti kurma tersebut, dipastikan kurma mengandung pemanis buatan.

AYO BACA : Resep Jus Kurma Madu, Segarnya Kebangetan

Sebab, kurma asli justru tidak akan dikerubuti semut lantaran rasa manisnya yang berasal dari dalam.

Sedangkan untuk memilih kurma yang manis dan berkualitas baik, sebaiknya memilih kurma yang memiliki tekstur keras dan padat

Kurma yang tidak diberi pemanis buatan, kulitnya akan jauh lebih keras dan padat. Sedangkan kurma manis buatan akan lebih lunak. Hal ini diakibatkan karena ada proses pemanasan buah saat kurma diolah bersama cairan gula. Selain itu rasa kurma manis alami akan terasa sampai dalam jaringan buah, bukan hanya di permukaannya saja.

Tips lainnya untuk mendapat kurma yang baik adalah dengan memperhatikan warnanya. Pada umumnya kurma memiliki varian warna dari mulai kuning, merah, coklat sampai kehitaman.

AYO BACA : 4 Jenis Kurma yang Populer di Indonesia, Apa Saja?

Pilihlah kurma yang memiliki warna merata dan tidak ada bagian yang rusak. Apabila persyaratan tersebut terpenuhi maka kurma itu masih sehat dan segar.
\nUkuran Kurma

Pada umumnya ukuran satu buah kurma berkisar pada 7,1 gram atau sebesar setengah ibu jari orang dewasa. Oleh karena itu konsumsi kurma dalam satu hari sebaiknya tidak lebih dari 5 buah, karena kebutuhan gula harian tubuh akan terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi kurma tidak lebih dari 40 gram

Kemasan

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memilih kurma yang manis adalah dengan melihat bentuk kemasan yang dipakai. Usahakan Anda selalu memilih kurma yang dikemas dengan tertutup rapat dan disertai tanggal kedaluwarsa.

Namun, apabila membeli kurma curah pada pedagang yang tidak menjual per kemasan, maka perlu kamu perhatikan terlebih dahulu bagaimana kondisi tempat penjualannya, apakah terkontaminasi debu serta kotoran dan disimpan dengan baik.

AYO BACA : Pedagang Kurma di Semarang Marak Jelang Ramadan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar