>

Simak Tips dan Cara Lolos Kartu Prakerja Gelombang 17 Berikut Ini

  Kamis, 06 Mei 2021   Ade Lukmono
Berikut ini tips dan cara lolos Kartu Prakerja Gelombang 17 (dok)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Berikut ini beberapa tips dan cara untuk bisa lolos dalam seleksi penerima Kartu Prakerja Gelombang 17.

Diketahui, Kartu Prakerja Gelombang 17 akan segera dibuka pendaftarannya.

Namun pihak manajemen belum memberikan tanggal pasti karena masih dalam proses pendataan terkait jumlah kuota.

Jumlah kuota Kartu Prakerja Gelombang 17 ini diambilkan dari jumlah penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya yang kepesertaannya dicabut.

Bagi calon pendaftar kartu Prakerja Gelombang 17, berikut ini beberapa tips untuk memperbesar kesempatan lolos yang dirangkum dari Suara.com (jaringan AyoSemarang.com):

Pastikan email dan nomor HP yang disertakan aktif

AYO BACA : Segera Dibuka, Berikut Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17

Saat mengisi administrasi Kartu Prakerja, Anda akan diminta mengisi email dan nomor telepon. Sebelum menyimpan, pastikan bahwa keduanya dalam kondisi aktif, pasalnya verifikasi one time password akan dilakukan melalui nomor ponsel dan melalui email yang dikirimkan.

Memenuhi syarat yang berlaku

Tidak semua orang diperkenankan mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja. Sebelum mendaftar pastikan bahwa Anda memenuhi syarat sebagai:

Warga Negara Indonesia

Tidak sedang mengikuti Pendidikan formal

Bukan penerima bantuan lain dari pemerintah

AYO BACA : 11 Dokumen Wajib Disiapkan Agar Bisa Lolos Kartu Prakerja

Berusia setidaknya 18 tahun.

Tidak berstatus sebagai pejabat negara, ASN, prajurit TNI, POLRI, DPRD, perangkat desa serta pengawas, direksi maupun komisaris BUMN atau BUMD

Ikuti tes dengan baik

Saat mendaftarkan diri sebagai penerima Kartu Prakerja, Anda akan diminta untuk mengikuti tes secara online. Karena program ini diutamakan bagi golongan masyarakat yang membutuhkan, pastikan bahwa Anda masuk dalam kategori yang dimaksud.

Pastikan data yang diinput benar

Saat melakukan pendaftaran, Anda akan diminta memasukkan sejumlah data pribadi. Tidak perlu buru-buru, pastikan cek ulang sebelum menyimpan data. Hal ini untuk mengurangi resiko kegagalan pendaftaran akibat data yang dimasukkan tidak tepat. Selain itu, lakukan double check pada NIK yang dimasukkan dan NIK yang ada pada KK milik Anda, agar tidak terjadi kesalahan input.

Ajukan surat pernyataan

Jika Anda pernah mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja dan gagal lebih dari 3 kali, Anda dapat mengajukan surat pernyataan langsung kepada pihak pelaksana Kartu Prakerja. Format surat pernyataan juga dapat diunduh melalui situs www.prakerja.go.id

Setelah itu Anda bisa langsung mendownload dan melengkapi keterangan dalam surat pernyataan tersebut sesuai dengan data diri. Surat harus ditandatangani diatas materai 6 ribu. Kemudian, kirim surat tersebut ke alamat email [email protected]

AYO BACA : Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka Minggu Ini? Begini Penjelasan Manajemen


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar