>

ICW Sebut Firli Bahuri Sukses Obrak-abrik KPK

  Selasa, 11 Mei 2021   Ade Lukmono
ICW menilai Firli Bahuri sukses mengobrak-abrik KPK (dok KPK)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut Firli Bahuri telah berhasil mengobrak-abrik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Diketahui, sebanyak 74 pegawai KPK telah dinonaktifkan menyusul hasil tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).

AYO BACA : KPK Bakal Setop Kasus Korupsi Lama, Ini Alasannya

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhan, menyebut 74 pegawai KPK yang dinonaktifkan berdasarkan tidak lulusnya dalam TWK ini banyak kejanggalan.

Setelah mengobrak-abrik KPK dengan berbagai kebijakan kontroversi, akhirnya misi utama Pimpinan KPK berhasil, yakni menyingkirkan puluhan pegawai KPK yang selama ini dikenal berintegritas dan memiliki rekam jejak panjang selama bekerja di institusi antirasuah itu, kata Kurnia dihubungi, Selasa 11 Mei 2021 sebagaimana dikutip Suara.com (jaringan AyoSemarang.com).

AYO BACA : Gangguan Kesehatan, 22 Tahanan KPK Gagal Vaksinasi Covid-19

Kurnia khawatir, motif dibalik pemberhentian itu juga menyasar pada upaya pimpinan KPK untuk menghambat penanganan perkara besar yang sedang diusut oleh para pegawai KPK.

Ini mulai dari korupsi bansos, suap benih lobster, KTP-Elektronik, Nurhadi, danlain -lain, tegas Kurnia.

Kurnia menuturkan, apa yang dilakukan pimpinan KPK era Firli Bahuri dianggap jelas melanggar hukum. Ini dikarenakan puluhan pegawai disingkar karena dianggap tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Padahal TWK sendiri sama sekali tidak diatur dalam UU 19/2019, PP 41/2020, dan bertolakbelakang dengan perintah putusan Mahkamah Konstitusi, tutup Kurnia.

AYO BACA : Kasus Korupsi Nurdin Abdullah, KPK Konfirmasi Harta Kekayaan Nurdin Rp51,3 Miliar


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar