>

Merdekakan Kreativitas Siswa lewat Kertas dan Gambar

  Jumat, 21 Mei 2021   Ade Lukmono
Kegiatan Kampus Mengajar ini di SDIT Insan Kamil Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021 merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemendikbud.

Menurut Kemendikbud program Kampus Mengajar ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiwa yang berdomisili di sekitar sekolah tersebut untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

Ada beberapa mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dari Universitas PGRI Semarang dan Universitas Muria Kudus yang mengikuti kegiatan Kampus Mengajar ini di SDIT Insan Kamil Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Selain berkegiatan, para mahasiswa tetap diawasi oleh dosen pembimbing lapangan, salah satunya M. Yusuf Setia Wardana, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan dimulai dari Maret akhir dan berakhir pada pertengahan Juni mendatang.

Secara umum, SDIT Insan Kamil Cepogo sudah melaksanakan pembelajaran secara luring atau tatap muka secara bergantian (rolling) rombel A dan rombel B sebagian ada yang disekolah dan ada yang di rumah siswa dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain membantu guru di SD tersebut, mahasiswa juga memberikan pembelajaran menggambar pada kelas 1 agar bakat dan kemampuan yang dimiliki anak dapat dikembangkan dan diarahkan dengan jalan memberikan kesempatan berkarya seni secara luas sesuai dengan kemampuan siswa.

Kegiatan pendampingan ini juga untuk merangsang kreativitas dan melatih potensi jiwa dalam upaya pengembangan diri, sehingga dapat mengembangkan kreativitas dan potensi diri siswa.

Salah satu kegiatan untuk menggali kreativitas yang dilakukan adalah dengan mengajak siswa menempelkan kertas ke dalam gambar buah pada kertas.

Kertas origami sebelumnya dipotong abstrak.

Selanjutnya siswa menempelkan potongan kertas origami ke sisi dalam outline gambar buah sesuai keinginan dan kreativitas masing-masing.

Melalui media ini siswa jadi lebih kreatif dan mengekpresikan sehingga dapat menumbuhkembangkan potensi diri siswa.

- Penulis: Adhelia Audri Paramitha, Mahasiwa Universitas PGRI Semarang

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar