>

Piala Walikota Solo 2021: Ini Besaran Hadiah dan Match Fee Peserta

  Jumat, 11 Juni 2021   Budi Cahyono
Turnamen Piala Walikota Solo 2021 diikuti 8 tim dengan venue Stadion Manahan Solo, 20-26 Juni 2021. (Ayosemarang/Budi Cahyono)

SOLO, AYOSEMARANG.COM – Turnamen pramusim Piala Walikota Solo 2021 diklaim menjadi salah satu turnamen bergengsi setelah Piala Menpora 2021. Diikuti 8 tim, turnamen ini mempertemukan empat tim Liga 1 dan empat tim Liga 2.

Empat tim Liga 1 yakni Persib Bandung, Bali United, Arema FC, dan Bhayangkara FC. Adapun tim Liga 2 diikuti tuan rumah Persis Solo, Rans Cilegon FC, Dewa United, dan PSG Pati.

Turnamen digelar mulai 20 Juni 2021 hingga 26 Juni 2021 dengan venue Stadion Manahan. Kick-off pada gim pertama mempertemukan dua tim sultan, Persis Solo melawan PSG Pati, pukul 15.15 WIB.

Sementara pada gim kedua mempertemukan tim Liga 1, Persib Bandung kontra Arema FC, pukul 18.00 WIB. Semua pertandingan di Piala Walikota 2021 ini disiarkan live Indosiar dan live streaming Vidio.com.

Dalam jumpa pers yang dilaksanakan secara virtual itu diikuti Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep (Persis Solo), Raffi Ahmad (Rans Cilegon), Teddy Tjahyono (Persib Bandung), Gilang Widya Pramana (Arema FC), Iwan Budianto (PSSI), Cahyadi Wanda (OC Piala Walikota Solo 2021), dan Harsiwi Achmad (Indosiar).

Ketua Organizing Committee Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda mengemukakan, dalma Piala Walikota Solo 2021 ini juga menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 seperti pada pelaksanaan Piala Menpora 2021.

“Pak Wali Kota Solo (Gibran Rakabuming Raka) memberikan izin, kami melihat animo yang sedang tinggi di sepak bola Indonesia terutama di Liga 2. Banyak pemilik baru, yang perlu dijaga adalah warna sepak bola Indonesia,”terang Cahyadi dalam jumpa pers virtual, Jumat 11 Juni 2021.

Prokes Covid-19

Dia menambahkan, karena keterbatasan waktu yang singkat, yakni selama satu pekan, sehingga penerapan prokes Covid-19 tetap menjadi prioritas.

“Sebenarnya banyak tim yang ingin ikut, namun karena keterbatasan waktu yang singkat, akhirnya diikuti 8 tim. Untuk memastikan turnamen ini sesuai prokes, kami berkoordinasi dengan pihak keamanan, BNPB, Satgas COVID-19. Artinya persyaratan penunjang protokol kesehatan harus dipenuhi,” urai Cahyadi.

Dia menjelaskan, untuk hak-hak yang diterima para peserta selama penyelenggaran yakni subsidi transportasi sebesar Rp18 juta. Match fee selama babak awal, untuk tim menang Rp75 juta dan tim kalah Rp40 juta dengan sistem knock-out.

Adapun juara mendapatkan Rp500 juta, runner-up Rp300 juta, peringkat ketiga Rp200 juta, dan peringkat keempat Rp100 juta.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengemukakan alasan digelarnya turnamen pramusim ini setelah melihat animo persepakbolaan Tanah Air yang sangat tinggi usai Piala Menpora 2021.

AYO BACA : Kaesang Tampil Nyeleneh saat Jumpa Pers Piala Walikota Solo 2021, Gibran: Koyo Malaikat!

“Kami ingin ikut meramaiakan suasana. Biar pemain sedikit melakukan pemanasan, terutama klub yang memborong pemain baru. Saya pribadi senang persepakbolaan Indonesia dipegang anak-anak muda. Semoga bisa memberikan semangat dan aura sepak bola Indonesia, ke depannya lebih profesional lagi,”urai Gibran.

Dia menambahkan, agar turnamen tersebut tetap mengedepankan prokes Covid-19 yang ketat seperti SOP yang sudah terlihat pada Piala Menpora 2021.  

“Sebelumnya Solo juga sudah menjadi tuan rumah yang sukses dengan prokes yang ketat seperti di Piala Menpora kemarin.  Bisa jadi nanti akan menjadi turnamen yang rutin, yang jelas tim Liga 2 tidak bisa dipandang sebelah mata,”tuturnya.

“Kami ucapkan terim akasih untuk seluruh peserta, sampai jumpa di Solo nanti, bahwa sepak bola Indonesia kembali di tengah pandemi, dan banyak anak muda menggairahkan persepakbolaan Indonesia.  Pesan saya untuk semua klub, selamat bertanding,”ucap Gibran.

Sementara itu, Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep mengatakan, turnamen ini menjadi ajang pemanasan bagi timnya sebelum kick-off Liga 2 pada Juli 2021.

“Kami biasa saja, tidak merasa terbebani. Yang penting juara Liga 2 dan masuk ke Liga 1. Pesan untuk Rans ya harus menang dulu lawan Dewa United untuk ketemu Persis nanti. Kami juga siap melawan Laskar Ashiappp (PSG Pati),” kata Kaesang.

Raffi Ahmad, pemilik Rans Cilegon FC mengakui turnamen ini sebagai ajang uji coba taktikal permainan yang selama ini sudah dilatih sekaligus melihat kelebihan dan kekurangan dari Rans Cilegon sebelum kick-off Liga 2.

"Semangat sekali tampil nanti. Kami punya semangat baru dan siap melakukan yang terbaik. Tim sudah di Jakarta setelah TC di Bali. Saat ini sudah kembali latihan, mempersiapkan turnamen nanti. Kami masih nambah satu pemain seperti Patrich Wanggai, yang jelas turnamen ini menjadi bahan evaluasi. Kalau dirasa sudah optimal kami tidak menambah pemain baru," jelas Raffi.

CEO Persib Bandung, Teddy Tjahyono menyambut baik turnamen sebagai pemanasan sebelum tampil di Liga 1. Persib akan menurunkan pemain asingnya dan menyiapkan bonus khusus kemenangan di tiap pertandingan.

“Lawan pertama langsung bertemu Arema. Kami juga sudah siap karena latihan berjalan sejak pekan ketiga bulan Mei kemarin. Pemain asing kami ada dua yang jelas tampil yakni Nick Kuippers dan Wander Luiz, lainya siapa lagi ya ditunggu saja kejutannya. Bonus juga akan kami siapkan,”tandasnya.

Sementara itu, Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana mengatakan secara umum tim Singo Edan sudah mempersiapkan diri tampil di Piala Walikota Solo 2021. Dia menjanjikan, Arema akan memberikan warna baru dan membawa pertandingan menjadi seru.

“Lawan Persib Bandung di partai pembuka, kami sangat siap. Bonus khusus pasti ada untuk pemain. Kami akan memberikan warna baru dan pertandingan menjadi seru,” ucap Gilang.

Berikut jadwal lengkap fase penyisihan hingga final Piala Walikota Solo 2021.

AYO BACA : Tampil Nyeleneh saat Jumpa Pers Piala Walikota Solo 2021, Kaesang: Ini Lingkaran Kemenangan!

Fase Penyisihan Piala Wali Kota Solo

Minggu, 20 Juni 2021

15:15 - Persis Solo vs PSG Pati (Gim 1)

18:00 - Arema FC vs Persib Bandung (Gim 2)

Senin, 21 Juni 2021

15:15 - Dewa United vs RANS United (Gim 3)

18:00 - Bhayangkara Solo FC vs Bali United (Gim 4)

Fase Knockout Piala Wali Kota Solo

Rabu, 23 Juni 2021

15:15 - Semifinal 1: Pemenang Gim 1 vs Pemenang Gim 3

18:00 - Semifinal 2: Pemenang Gim 2 vs Pemenang Gim 4

Sabtu, 26 Juni 2021

15:15 - Perebutan Tempat Ketiga: Kalah SF1 vs Kalah SF2

18:00 - Final: Pemenang SF1 vs Pemenang SF2

AYO BACA : Diikuti 8 Tim, Ini Jadwal Lengkap Piala Walikota Solo 2021


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar