>

FIFA Surati PSSI Soal Alih Status Ezra Walian

  Jumat, 11 Juni 2021   Budi Cahyono
Ezra Walian (dok PSSI)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Federasi sepak bola dunia, FIFA, merespons terkait alih status Ezra Walian yang diajukan PSSI.

PSSI bergerak cepat memperjuangkan Ezra Walian agar pemain naturalisasi asal Belanda tersebut dapat kembali membela Timnas Indonesia di pertandingan yang tercantum dalam kalender resmi FIFA.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan setelah beberapa hari lalu PSSI telah menerima dokumen administrasi yakni akte lahir orang tua Ezra.

AYO BACA : Turki vs Italia Jadi Partai Pembuka, Ini Link Live Streaming Pembukaan Piala Eropa 2020

PSSI langsung menindaklanjuti melalui surat yang dikirim ke FIFA untuk proses alih status Ezra. Dan surat PSSI dibalas langsung oleh FIFA yang isinya menerima dan akan memproses dokumen yang dikirimkan oleh PSSI.

"Iya, hari Jumat (11/6) ini kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Status FIFA, Erika Montemor Ferreira. Kemudian, PSSI langsung merespons kembali melalui surat yang dikirim ke FIFA dan bersyukur FIFA langsung merespons," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi melalui laman resmi PSSI, Jumat 11 Juni 2021.

Seperti diketahui sejak Putusan FIFA pada tahun 2019 lalu, pemain asal klub Persib Bandung ini tidak dapat membela Indonesia di ajang resmi FIFA. Ezra sendiri sudah menjalani proses naturalisasi pada tahun 2017 lalu.

AYO BACA : Diikuti 8 Tim, Ini Jadwal Lengkap Piala Walikota Solo 2021

Sebelumnya PSSI terus melakukan komunikasi serta bersurat kepada FIFA dan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Yunus menyampaikan, dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama Timnas Indonesia. Proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezran Walian memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Apalagi dirinya pernah bermain bersama Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17.

“PSSI sangat serius melakukan penelusuran berdasarkan aturan terbaru FIFA terkait alih status pemain. Kami memberikan bukti-bukti dokumen pendukung yang dapat memperkuat status Ezra untuk Indonesia. Terakhir kami terima dokumen akta kelahiran bapaknya Ezra," tambah Yunus.

Selain itu, PSSI juga aktif melakukan pengkajian terkait Ezra dan segala kemungkinan-kemungkinan yang berdasar hukum atas hal tersebut.

"Yang jelas PSSI berusaha semaksimal mungkin untuk Ezra, yang mungkin saja banyak dialami beberapa pemain lainnya baik yang berhubungan dengan Indonesia, maupun negara lainnya. Kami berharap Ezra dan keluarga juga mendukung langkah-langkah PSSI dan terus berkomitmen untuk Timnas Indonesia," pungkas Yunus.

AYO BACA : Piala Eropa 2020: Turki vs Italia, Adu Kuat Pemain Bintang Liga Papan Atas


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar