>

Tracing 2 Hari, Kasus Covid-9 Perumahan Sarirejo Kaliwungu Melonjak

  Jumat, 18 Juni 2021   Edi Prayitno
Warga perumahan Sarirejo Kaliwungu Kendal menjalani pemeriksaan swab antigen yang dilakukan puskesmas saat tracing di klaster perumahan Jumat 18 Juni 2021. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KALIWUNGU, AYOSEMARANG.COM -- Hasil tracing yang dilakukan Puskesmas Kaliwungu kepada warga di Perumahan Graha Pantura Sarirejo selama 2 hari ada penambahan jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19. 

Jumlah ini kemungkinan akan bertambah pasalnya hasil tracing Kamis 17 Juni 2021 dan Jumat 18 Juni 2021 baru akan keluar Sabtu 19 Juni 2021. Hingga Jumat 18 Juni 2021, jumlah warga yang positif Covid-19 menjadi 47 orang.

Petugas Puskesmas Kaliwungu masih melakukan tes swab antigen kepada  warga perumahan Graha Pantura Sarirejo Kaliwungu. Swab antigen massal yang dilakukan Dinas Kesehatan Kendal ini dilakukan,  setelah munculnya klaster perumahan akibat salah satu warga perumahan  dinyatakan positif Covid-19.

AYO BACA : Jumlah Pasien Covid-19 Melonjak, RSDC Kendal Difungsikan Lagi

Sebanyak 50 warga Jumat 18 Juni 2021  menjalani tes swab dan hasilnya baru bisa diketahui satu hingga dua hari ke depan. Dari hasil tes swab massal sejak hari selasa hingga hari rabu,  diketahui sebanyak 47 warga perumahan terkonfirmasi Covid-19.

Selain melakukan tes swab antigen missal, satgas Covid-19 kecamatan terus melakukan tracing terhadap warga perumahan yang berkontak langsung dengan warga terkonfirmasi covid19.

Puji Lestari,  bidan Puskesmas Kaliwungu mengatakan, tes swab massal dilakukan selama empat hari sejak hari selasa hingga jumat hari ini. 

AYO BACA : Hati-hati, Penelitian Sebut Covid-19 Bisa Menginfeksi Testis

“Dan hasil tes swab hari selasa dan rabu diketahui ada 44 warga telah terkonfirmasi covid 19 sehingga totalnya kini menjadi 47 orang,” katanya.

Saat ini ada 5 RT di perumahan Graha Sarirejo yang harus dilockdown lokal yakni RT 2, RT 3, RT  7, RT 8 dan RT 10. seluruh warga perumahan  yang ada di wilayah tersebut harus menjalani isolasi mandiri.

Dinas Kesehatan masih melakukan tracing untuk mencari warga yang terkonfirmasi Covid-19, akibat kontak langsung dengan warga perumahan yang telah terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya. Kepala Dinkes  Ferinando Rad Bonay,  mengatakan hasil swab hari pertama dengan sampel 35 warga diketahui 19 positif dan hari kedua dari 50 sampel yang 28 orang positif.

“Pihak dinas kesehatan belum bisa mengetahui jenis varian virus korona yang menyebar di perumahan Sarirejo Kaliwungu. Untuk itu pihaknya telah mengirimkan sampel ke Jogjakarta untuk mengetahui apakah virus di klaster perumahan merupakan jenis varian baru atau varian lama,” jelasnya.

Warga juga saling membantu dengan memberikan bantuan makanan kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19.

AYO BACA : Desa Pucangrejo Jadi Percontohan Penanganan Covid-19 di Kendal


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar