>

Pemerintah Ubah Libur Nasional dan Tiadakan Cuti Bersama, Ini Rinciannya

  Jumat, 18 Juni 2021   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi, pemerintah secara resmi melakukan penggantian 2 hari libur nasional dan meniadakan cuti bersama Natal 2021. (oxforddictionaries.com)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan jika pemerintah secara resmi melakukan penggantian 2 hari libur nasional dan meniadakan cuti bersama Natal 2021.

“Pemerintah memutuskan untuk mengubah 2 hari libur nasional dan meniadakan satu hari libur cuti bersama,” kata Muhadjir dalam konferensi persnya, Jumat 18 Juni 2021.

AYO BACA : Catat! Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021

Adapun, libur nasional yang diganti yaitu libur pada Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, dari semula 10 Agustus 2021 menjadi 11 Agustus 2021. Kemudian, libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang tadinya jatuh pada 19 Oktober 2021, menjadi 20 Oktober 2021.

“Untuk libur cuti bersama Natal 2021 pada 24 Desember, ditiadakan,” ujarnya.

AYO BACA : Bahasa Semarang, Keluar dari Patron Bahasa Jawa Karena Akulturasi Budaya

Perubahan ini tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri. Tiga menteri tersebut yaitu Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Agama, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selain itu, Muhadjir mengatakan keputusan itu juga berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo. Jokowi meminta adanya peninjauan ulang terhadap hari libur nasional dan cuti bersama yang termaktub dalam SKB tiga menteri.

Perubahan dan pemotongan tanggal cuti ini juga didorong karena semakin merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, terutama di DKI Jakarta dan sekitarnya. (Icheiko R)

AYO BACA : Sudah Diizinkan, Pembelajaran Tatap Muka di Semarang Masih Dipertimbangkan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar