>

Jaga Imun Tubuh, Dinkes Kendal Galakkan Gerakan Minum Jamu

  Jumat, 18 Juni 2021   Edi Prayitno
Gerakan minum jamu di Kabupaten Kendal dilakukan di Cafe Jamu Griya Sehat Dinas Kesehata Kendal Jumat 18 Juni 2021. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Pandemi yang belum berakhir membuat masyarakat dituntut untuk terus menjaga kesehatan dan kondisi daya tahan tubuh. Asupan vitamin dianjurkan untuk dilakukan agar imunitas terus terjaga dan tidak muda terserang penyakit termasuk Covid-19.

Salah satu yang dilakukan yakni dengan menggalakan minuman tradisional jamu yang berkhasiat untuk kebugaran dan ketahanan tubuh. Sebagai upaya  meningkatkan kondisi daya tahan tubuh yang baik dan optimal,  Gubernur Jawa Tengah Ganjr Pranowo meluncurkan gerakan minum jamu, Jumat 18 Juni 2021.

AYO BACA : Nikmatnya Minuman Rempah di Café Jamu Griya Sehat Kendal

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Drs Ferinando Rad Bonay mengatakan, gerakan minum jamu kembali dibudayakan oleh Gubernur Jawa Tengah karena  melihat kondisi perkembangan penularan Covid-19 yang cukup tinggi. 

“Kondisi penularan Covid-19 cukup tinggi akhir-akhir ini, jadi di Jawa Tengah mulai kembali mengaktifkan budaya minum jamu oleh Gubernur Jawa Tengah. Kamipun dari Dinas Kesehatan Kendal juga turut mengajak kepada warga untuk meminum jamu karena jamu juga bagus bagi tubuh banyak manfaat dan ini sangat alami,” jelas Kepela Dinas Kesehatan.

AYO BACA : Pemerintah Ubah Libur Nasional dan Tiadakan Cuti Bersama, Ini Rinciannya

Adapun pengobatan herbal bukan berarti memberikan jaminan bahwa dapat menangkal Covid-19, namun setidaknya dapat memberikan ketahanan tubuh sehingga mampu meningkatkan imunitas. Untuk jamu sendiri banyak tersedia di beberpa tempat yang ada di Kendal, Pihak Dinas Kesehatan juga turut menyediakan cafe jamu di Griya Sehat yang terletak pantura Kota Kendal depan Kantor Kecamatan Kendal Kota.

Griya Sehat yang tersedia selain menyediakan cafe jamu yang dapat diminum langsung di tempat, juga menyediakan jamu dalam bentuk kemasan yang telah diracik. Sehingga pengunjung dapat membawa dan menyedu secara mandiri.

Salah satu warga yang menikmati minuman tradisional ini mengaku, jamu racikan yang ada di cafe jamu bisa menambah daya tahan tubuh. Seperti wedang uwuh yang berkhasiat menambah kehangatan ditubuh.

“Disini praktis jamunya bisa langung diseduh dengan air panas dan rasanya benar-benar segar dan badan terasa enak,” ujar Krisna warga Gringsing yang mampir menikmati minuman herbal ini.

AYO BACA : Lawan Covid-19, Relawan Ini Keliling Desa Bagikan Minuman Herbal


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar